Audiensi dengan Raja Swedia, Dubes Kamapradipta Sampaikan Komitmen Kerja Sama RI

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 04:45 WIB
loading...
A A A
Dubes Kamapradipta menyampaikan apresiasi atas bantuan vaksin Swedia kepada Indonesia melalui COVAX Facility. Swedia telah menyumbang 3 juta dosis vaksin Astra Zeneca kepada COVAX Facility. Pada distribusi vaksin berikutnya dari COVAX kepada Indonesia, 3 persen di antaranya merupakan kontribusi Swedia.

Energi

Keunggulan inovasi dan teknologi Swedia pada sektor energi juga menjadi salah satu topik pembahasan dengan Raja Swedia.
Indonesia dan Swedia telah membentuk kelompok kerja bersama di bidang energi baru dan terbarukan pada bulan April 2021 untuk mendorong kerja sama dengan mempelajari dan memanfaatkan teknologi biomassa yang dimilki Swedia.

Teknologi waste to energy ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan energi, sampah dan lingkungan di Indonesia.

Pertahanan

Pada audiensinya, Dubes Kamapradipta memaparkan kemajuan dan komitmen peningkatan kerja sama kedua negara. Situasi pandemi tidak menyurutkan semangat pencapaian kemajuan kerja yang dapat terlihat antara lain dari berlakunya Perjanjian Kerja Sama di Bidang Pertahanan sejak akhir 2020.

Selanjutnya, pada bulan Mei 2021 berlangsung penandatanganan Teaming Agreement antara PT PAL Indonesia dan BAE System BOFORS AB yang memberikan kemudahan akses bagi perbaikan dan perawatan (MRO) kapal perang dan kapal patroli Indonesia yang menggunakan teknologi BOFORS dapat dilakukan di Indonesia.

Upacara penyerahan surat-surat kepercayaan Dubes RI telah berlangsung pada 19 November 2020 di kantor Kementerian Luar Negeri Swedia melalui pengaturan khusus dikarenakan situasi pandemi. Pada prosesi tersebut, Dubes Kamapradipta menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Raja Swedia melalui Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swedia, Duta Besar Maria Christina Lundqvist.

Adapun courtesy call dengan Raja baru dapat terlaksana pada bulan Agustus 2021, menyesuaikan dengan perkembangan situasi pandemi di Swedia.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)