Serbia Tersinggung Dituduh Tembak Jatuh Jet Tempur MiG-29 Bulgaria

Jum'at, 25 Juni 2021 - 08:26 WIB
loading...
Serbia Tersinggung Dituduh Tembak Jatuh Jet Tempur MiG-29 Bulgaria
Pesawat jet tempur MiG-29 Bulgaria. Foto/Defense World
A A A
BELGRADE - Pemerintah Serbia tersinggung telah dituduh menembak jatuh pesawat jet tempur MiG-29 Bulgaria pada 9 Juni lalu. Tuduhan itu dianggap tidak akurat.

Kementerian Pertahanan Serbia membantah bahwa militernya terlibat dalam kecelakaan fatal jet tempur Bulgaria yang menewaskan pilotnya.



Jet tempur itu awalnya hilang kontak dengan militer Bulgaria pada 9 Juni dan menghilang saat melakukan misi pelatihan militer di laut lepas pantai timur negara itu.

Pada hari Kamis (24/6/2021), Menteri Pertahanan Bulgaria Georgi Panayotov mengonfirmasi bahwa pihak berwenang juga telah menemukan "kotak hitam" pesawat dan berharap dapat memberikan informasi tentang bagaimana pesawat itu jatuh.

Beberapa wartawan Bulgaria mengeklaim bahwa pesawat militer Serbia telah menembak jatuh MIG-29.

Namun dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Serbia menggambarkan tuduhan itu "tidak akurat dan jahat".

"Anggota Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Serbia tidak bertindak atas unit rudal pertahanan udara pada hari jatuhnya MiG-29 Bulgaria," kata kementerian itu, yang dilansir Euro News, Jumat (25/6/2021).

"Aksi penerbangan kami di jangkauan Shabla juga tidak dapat dihubungkan dengan cara apa pun dengan kecelakaan itu," lanjut kementerian tersebut.

Kementerian itu mengatakan militer Serbia selalu mengikuti kesepakatan dengan Bulgaria ketika melakukan latihan militer di daerah itu.



Pemerintah Bulgaria sendiri juga mengecam spekulasi tentang bagaimana MIG-29 jatuh.

"Saya mendesak semua spekulasi di media untuk berhenti, itu tidak perlu," kata Menhan Panayotov.

"Kita berbicara tentang kenangan seorang pahlawan Bulgaria. Biarkan otoritas yang bertanggung jawab melakukan pekerjaan mereka," ujarnya.

Militer Bulgaria mengatakan pesawat jet tempur itu lepas landas dari Pangkalan Udara Graf Ignatievo dan telah melakukan latihan militer sebelum kontak hilang pada 9 Juni pukul 00.45.

"Pilot berada di daerah Shabla sedang melakukan tugas pada malam hari pada target bercahaya yang diluncurkan oleh pesawat lain," kata Kementerian Pertahanan Bulgaria.

"Target jatuh pada kecepatan yang lebih tinggi, yang membutuhkan manuver tambahan... pilot mencapai target, melaporkan bahwa dia mengenainya, dan tak lama setelah itu, koneksi dengannya terputus."

Operasi pencarian dan penyelamatan segera diluncurkan untuk menemukan jet tempur dan pilotnya; Mayor Valentin Terziev. Satu hari setelah hilangnya pesawat, Kementerian Pertahanan Bulgaria mengonfirmasi bahwa Terziev telah tewas dalam insiden tersebut.

Puing-puing pesawat, termasuk bagian dari mesin dan roda pendarat, tidak ditemukan di Laut Hitam hingga 17 Juni.

"Mayor Valentin Terziev adalah pilot kelas satu dengan pengalaman luas dalam terbang, termasuk di malam hari," imbuh Panayotov.

Menteri tersebut juga berterima kasih kepada Angkatan Laut Bulgaria pada hari Kamis untuk memulihkan kotak hitam pesawat untuk membantu penyelidikan.

"Rencana untuk menemukan dan mengambil kotak hitam itu dilaksanakan dengan cermat dan sempurna," katanya. "Angkatan Laut benar-benar menemukan jarum di tumpukan jerami."

Bulgaria saat ini memiliki 16 pesawat tempur MiG-29, yang hanya enam yang beroperasi, untuk memantau wilayah udaranya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)