Kesal, Putin Tuding AS Coba Menahan Perkembangan Rusia

Sabtu, 05 Juni 2021 - 09:30 WIB
loading...
Kesal, Putin Tuding AS Coba Menahan Perkembangan Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Yahoo Finance
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin , dengan nada keras, menuduh Washington berusaha untuk menahan perkembangan negaranya. Tudingan itu dilontarkan jelang pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden .

Berbicara di sebuah forum ekonomi di St. Petersburg, Putin mengatakan bahwa pengendalian senjata, konflik global, pandemi virus Corona, dan perubahan iklim adalah beberapa masalah yang akan dibahasnya dan Biden pada pertemuan puncak pada 16 Juni mendatang di Jenewa.

“Kita perlu menemukan cara untuk mencari penyelesaian dalam hubungan kita, yang sekarang berada pada tingkat yang sangat rendah,” kata Putin.

“Kami tidak memiliki masalah dengan AS,” lanjutnya.



“Tapi (negara) itu ada masalah dengan kami. Ia ingin menahan perkembangan kami dan membicarakannya secara terbuka. Pembatasan ekonomi dan upaya untuk mempengaruhi politik domestik negara kita, mengandalkan kekuatan yang mereka anggap sebagai sekutu mereka di dalam Rusia, berasal dari itu,” tuturnya seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (5/6/2021).

Dia menyuarakan harapannya bahwa pertemuan itu akan membantu meredakan ketegangan dengan Washington. Hubungan Rusia-AS telah tenggelam ke posisi terendah pasca-Perang Dingin atas pencaplokan Semenanjung Crimea Ukraina tahun 2014 oleh Moskow, tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilu AS dan negara-negara Barat lainnya, dan serangan siber yang menurut pejabat AS berasal dari Rusia.

Pada konferensi video kemudian dengan kepala kantor berita internasional utama, Putin mengatakan: "Saya tidak mengharapkan hasil terobosan dari KTT dengan Biden."

Amerika Serikat dan Rusia memiliki beberapa kepentingan yang sesuai, katanya, terlepas dari ketidaksepakatan tertentu. Ketidaksepakatan ini bukan hasil dari tindakan Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)