Miko Peled, Putra Jenderal Pendiri Israel yang Dianggap Pro-Palestina

Jum'at, 04 Juni 2021 - 00:06 WIB
loading...
A A A


Setelah pengalaman pelatihan yang agak mengerikan di militer Israel, Miko tertarik pada seni karate. "Tidak seperti pelatihan militer, di mana tujuannya adalah untuk menghancurkan Anda dan kemudian mengubah Anda menjadi seorang pembunuh, Sensei Dan [instruktur karatenya di Yerusalem] ingin membangun kami dan mengembangkan kami sebagai orang yang percaya diri dan penuh kasih," tulis Miko dalam bukunya.

Akhirnya, Miko mendirikan sekolah karate yang sukses di South California, tetapi dia selalu waspada terhadap perkembangan "di rumah", yakni di Israel.

Musim gugur 1977 adalah titik balik; dua pemuda Palestina meledakkan diri di jalan Yerusalem, membunuh keponakannya, Smader. “Sampai saat itu, saya baik-baik saja dengan keputusan yang saya buat bertahun-tahun sebelumnya untuk tidak aktif secara politik, tetapi setelah Smader terbunuh, saya tidak lagi puas untuk duduk diam.”

Sejak saat itu, perjalanan politik dan moral Miko semakin cepat. Dia mencari kelompok dialog Yahudi-Palestina di San Diego, dan membaca buku-buku "Sejarawan Baru" Israel atas saran saudaranya Yoav, seorang instruktur ilmu politik di Universitas Tel Aviv. Dialog dan membaca mengekspos dia ke sisi lain dari cerita, yang paling penting, peristiwa tahun 1948.

Dia mendapatkan teman sejati di Nader Albanna, seorang Muslim yang lahir di Nazareth, dan mereka memulai proyek bersama untuk menyumbangkan kursi roda kepada pasien Palestina dan Israel. Segera, kunjungan rutin yang dilakukan Miko ke keluarganya di Yerusalem meluas hingga mencakup kontak barunya di Palestina. Dia menulis dengan sangat jujur tentang memerangi ketakutan yang secara tidak sadar diserapnya dan segera menjelajah ke daerah-daerah yang dianggap terlarang bagi orang Yahudi Israel, termasuk Area A Tepi Barat.

"Saya mulai percaya bahwa alasan keamanan yang dikutip oleh pejabat Israel untuk tembok dan pos pemeriksaan, yang menghalangi kami untuk mengunjungi dan mengenal orang-orang di 'sisi lain' hanyalah taktik menakut-nakuti yang dirancang untuk memperpanjang konflik," lanjut Miko dalam bukunya.

Dia pernah mengunjungi Beit Ummar, Bil'in, Nabi Saleh, Ramallah, Gaza dan banyak komunitas Palestina lainnya. Dia berpartisipasi dalam kegiatan perlawanan Palestina tanpa kekerasan, dan mengajar kelas karate di kamp pengungsi Duheisheh.

Berbagai kegiatannya itu mendorong Miko ke penemuan baru tentang dirinya dan konflik. Dia melakukan percakapan panjang dengan para pemimpin masyarakat, termasuk sejumlah mantan tahanan jangka panjang di penjara-penjara Israel, menambah narasi ketidakadilan yang dilakukan terhadap orang-orang Palestina dan ketahanan yang mereka tunjukkan.

"Retak terbentuk dalam keyakinan saya bahwa ada kebutuhan atau bahkan pembenaran untuk sebuah negara yang Yahudi," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)