Suara Mohammed Deif Komandan Al-Qassam Awali Perang Hamas dengan Israel

Senin, 31 Mei 2021 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Segera setelah itu, Hamas mengatakan Deif "masih hidup dan memimpin operasi militer" melawan Israel.

Para ahli keamanan mengatakan kemampuan untuk menghindari militer Israel ini sebagian dapat dikaitkan dengan penghindarannya terhadap teknologi komunikasi modern.

"Jika Anda tidak menggunakan telepon, jika Anda tidak menggunakan komputer, ada cara untuk mempersulit badan intelijen modern mengetahui di mana Anda berada," kata Levitt.

Levitt, yang merupakan mantan kepada intelijen Israel, mengatakan kedalaman terowongan bawah tanah Hamas, intelijen yang sudah ketinggalan zaman, risiko kerusakan tambahan, dan malfungsi amunisi adalah alasan lain mengapa beberapa dari upaya pembunuhan ini mungkin gagal.

Sosok Unik

Sehari sebelum konflik berakhir, seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada Associated Press bahwa Deif memimpin operasi militer di Gaza. Dia diyakini tetap berkuasa sejak gencatan senjata diberlakukan.

Seorang pejabat IDF mengatakan kepada BBC bahwa upaya Israel untuk membunuh Deif sedang berlangsung, tetapi tidak dapat membagikan rincian lebih lanjut tentang misi rahasia tersebut.

Levitt mengatakan dia tidak terkejut dengan fokus Israel pada Deif. Namun, kelangsungan hidup Deif dari lebih banyak upaya pembunuhan Israel hanya akan menambah mitologi yang mengelilinginya.

"Alasan utama [Israel] tertarik untuk melihat kematiannya adalah karena dia benar-benar dari sekolah yang lebih tua, dia memiliki kedudukan itu," kata Levitt.

"Ada sejumlah kecil pemimpin militan senior yang ada di sana pada awalnya. Dia unik dalam hal itu."
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)