Suara Mohammed Deif Komandan Al-Qassam Awali Perang Hamas dengan Israel

Senin, 31 Mei 2021 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Nama lahirnya adalah Mohammed Diab Ibrahim al-Masri tetapi, karena gaya hidup nomadennya yang menghindari serangan udara Israel, ia kemudian dikenal sebagai Deif, yang berarti "tamu" dalam bahasa Arab.

Sedikit yang diketahui tentang pendidikannya di tengah konflik Israel-Palestina yang telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di Timur Tengah.

Deif menjadi seorang pemuda pada saat Hamas didirikan, yakni ketika dia bergabung dengan kelompok tersebut pada akhir 1980-an.

Berkomitmen untuk melakukan perlawanan bersenjata melawan Israel, Deif dengan cepat menjadi terkenal di dalam unit militer Hamas, Brigade Izzuddin al-Qassam.

"Dia dianggap sebagai pejabat Hamas yang sangat garis keras," kata Levitt, mantan penasihat kontra-terorisme di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan Deif dekat dengan beberapa komandan Hamas yang lebih militan, seperti Yehya Ayyash, pembuat bom terkenal yang dikenal sebagai "insinyur".

Ayyash disalahkan atas serangkaian pemboman bus mematikan di Israel pada awal 1990-an. Setelah pembunuhannya oleh Israel 1996, lebih banyak pemboman bus terjadi.

Anak didik Ayyash, Deif, dituduh mendalangi serangan sebagai balas dendam, bersama dengan banyak orang lainnya di Israel.

Tindakan tersebut mengangkat profil Deif dan pangkatnya. Pada tahun 2002, ia mengambil alih sebagai pemimpin sayap militer Hamas setelah pembunuhan pendirinya, Salah Shehadeh.

Sebagai pemimpin, Deif telah berjasa merancang senjata khas Hamas, roket Qassam, dan terowongan bawah tanah di Gaza.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)