Suara Mohammed Deif Komandan Al-Qassam Awali Perang Hamas dengan Israel

Senin, 31 Mei 2021 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Terowongan ini adalah tempat Deif diperkirakan menghabiskan sebagian besar waktunya, menghindari militer Israel dan mengarahkan operasi Hamas, tersembunyi dari pandangan.

'Kucing Sembilan Nyawa'

Bagi Deif, berada di bawah radar Zionis Israel adalah masalah hidup atau mati.

Selama tahun 2000-an dia selamat dari empat percobaan pembunuhan oleh Israel di mana dia dilaporkan lolos dengan luka-luka, beberapa di antaranya luka serius. Luka itu termasuk kehilangan mata dan anggota badan.

Seorang mantan kepala intelijen IDF membuktikan keseriusan luka-luka Deif setelah serangan udara Israel di rumah seorang anggota Hamas pada tahun 2006.

"Orang-orang mengira dia tidak akan pernah berfungsi lagi sebagai pemimpin, sebagai perencana militer," kata pensiunan jenderal Israel itu kepada BBC. "Tapi dia pulih sebaik yang dia bisa. Jika Anda kehilangan satu mata, Anda kehilangan satu mata."

Serangan yang gagal ini meningkatkan reputasinya untuk pelarian, memberinya julukan "kucing dengan sembilan nyawa" di antara musuh-musuhnya.



Upaya kelima dalam merenggut nyawa Deif terjadi selama operasi militer Israel 2014 di Gaza.

Israel melancarkan serangan udara ke sebuah rumah di lingkungan Sheikh Radwan di Gaza, menewaskan istri Deif, Widad, dan bayi laki-laki mereka, Ali. Israel mengira itu telah membunuh Deif juga, tapi dia tidak berada di dalam gedung pada saat itu.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)