Putra Mahkota Arab Saudi Luncurkan 'Shareek' untuk Dorong Sektor Swasta

Rabu, 31 Maret 2021 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Putra Mahkota menjelaskan ini tidak termasuk pengeluaran pemerintah yang diperkirakan mencapai 10 triliun real selama 10 tahun mendatang, dan pengeluaran konsumsi swasta diperkirakan mencapai 5 triliun real hingga 2030, dengan total pengeluaran menjadi 27 triliun real (USD7 triliun) lebih dari 10 tahun mendatang.

"Program baru ini akan membantu sektor swasta menciptakan ratusan ribu lapangan kerja baru dan akan meningkatkan kontribusi sektor swasta terhadap PDB hingga 65% pada akhir dekade sebagai bagian dari tujuan Visi 2030," ungkap MBS.

Dia menegaskan, "Pentingnya program 'Mitra' tidak terbatas pada peningkatan peran sektor swasta dalam pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. Kami melihatnya sebagai investasi jangka panjang untuk masa depan dan kemakmuran Kerajaan, berdasarkan kolaborasi yang lebih kuat antara sektor publik dan swasta."

Menurut dia, program ini akan berkontribusi pada kemajuan berkelanjutan dari peringkat ekonomi Saudi di antara ekonomi global terbesar, dengan tujuan naik ke peringkat ke-15, dari posisi ke-18 saat ini, di samping meningkatkan kepercayaan dalam ekosistem investasi Kerajaan.

Program ini telah disusun untuk menjadi bagian integral dari strategi investasi nasional dan rencana pertumbuhan ekonomi negara.

Rinciannya akan segera dirilis dan akan diawasi langsung Putra Mahkota bersama komite menteri dan pejabat senior pemerintah dari entitas terkait.

Program "Mitra" akan beroperasi di bawah pedoman relevan yang disetujui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan sesuai peraturan dan kebijakan domestik serta internasional terkait lainnya.

Langkah ini akan memaksimalkan ketahanan dan daya saing perusahaan-perusahaan besar Saudi, baik secara regional maupun global.

Program ini juga akan berfungsi sebagai stimulus bagi mereka yang akan menerima dukungan untuk pulih dari dampak pandemi COVID-19.

Dimulainya program baru ini memposisikan Arab Saudi sebagai enabler bisnis dan lingkungan yang mendukung untuk investasi, melalui langkah-langkah proaktif, inovatif, dan berwawasan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)