Soal Pembukaan Kembali Perbatasan, Ini Kata PM Singapura

Minggu, 14 Maret 2021 - 15:34 WIB
loading...
Soal Pembukaan Kembali Perbatasan, Ini Kata PM Singapura
Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Foto/Yahoo
A A A
SINGAPURA - Perdana Menteri Singapura , Lee Hsien Loong, berharapnegaranya akan mulai membuka kembali perbatasannya pada akhir tahun karena lebih banyak negara meningkatkan upaya vaksinasi melawan infeksi COVID-19 .

Negara kepulauan di Asia Tenggara itu telah melarang perjalanan rekreasi, tetapi telah memberlakukan beberapa program perjalanan bisnis dan resmi. Negara ini juga membahas pengakuan sertifikat vaksin dengan negara lain.

"Saya berharap jika banyak negara dapat memiliki proporsi yang substansial dari populasi mereka yang divaksinasi pada akhir tahun ini, kami akan dapat memiliki kepercayaan diri dan telah mengembangkan sistem untuk membuka perbatasan internasional kami agar dapat melakukan perjalanan dengan aman lagi," kata Lee dalam sebuah wawancara dengan BBC yang dinukil Reuters, Minggu (14/3/2021).



“Mudah-mudahan akhir tahun ini atau tahun depan pintu sudah bisa dibuka, kalau tidak lebih awal,” ucapnya.

Negara kota itu telah mengendalikan situasi COVID-19 dengan beberapa kasus lokal baru dan telah meluncurkan program vaksinasi, setelah menyetujui vaksin dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Pada 8 Maret, negara berpenduduk 5,7 juta orang itu telah memberikan lebih dari 611.000 dosis vaksin - kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara yang lebih besar. Tetapi dikatakan pihaknya berencana untuk memvaksinasi semua orang pada akhir tahun.



Lee mengatakan beberapa kasus lokal membuat negara kota dapat meluangkan waktu untuk membujuk penduduknya agar mengambil vaksin. Beberapa dari mereka merasa ragu karena risiko infeksi yang rendah dan kekhawatiran tentang kemungkinan efek samping dari vaksin yang dikembangkan dengan cepat.

Singapura juga telah menerima vaksin Biotek Sinovac China sebelum persetujuan. Lee mengatakan Singapura sedang mengevaluasi vaksin dan akan menggunakannya jika lolos standar keamanan dan efektivitas.

Ekonomi kecil dan terbuka di negara kota itu mencatat resesi terburuk pada tahun 2020 karena pandemi, setelah tahun sebelumnya terpuruk oleh ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)