Pendukung Putra Mahkota Saudi: 'Kami Semua Mohammad bin Salman’

loading...
Pendukung Putra Mahkota Saudi: Kami Semua Mohammad bin Salman’
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman. Foto/Bandar Algaloud/Saudi Royal Court/REUTERS
RIYADH - Para pendukung Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman (MBS) ramai-ramai mengecam Amerika Serikat (AS) setelah laporan intelijen Washington menyalahkan MBS atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi . Mereka mengampanyekan hastagNo smoking gun” dan “Kami semua adalah Mohammad bin Salman” di media sosial.

Penilaian intelijen AS yang dirilis kemarin menyimpulkan calon raja Arab Saudi itu telah menyetujui operasi untuk menangkap atau membunuh Khashoggi, jurnalis pembangkang Saudi.

Baca juga: Intelijen AS: Putra Mahkota Arab Saudi Setujui Tangkap atau Bunuh Khashoggi

Beberapa menit setelah laporan itu dirilis, banyak orang Saudi membanjiri Twitter dengan hastag yang bertuliskan; "Kita semua adalah Mohammad bin Salman."

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dengan tegas menolak penilaian laporan intelijen Amerika dan menyebutnya sebagai laporan yang kasar dan salah.”Penilaian kasar, salah, dan tidak dapat diterima,” kata kementerian tersebut.



Kementerian menambahkan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan keji terhadap Khashoggi telah diadili di pengadilan Saudi dan bahwa keadilan telah ditegakkan.

Baca juga: Arab Saudi Tolak AS Salahkan Putra Mahkota MBS atas Pembunuhan Khashoggi

Riyadh membantah keterlibatan Putra Mahkota MBS.

Komentator yang dekat dengan pemerintah kerajaan melalui media sosial membela Putra Mahkota, putra Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan penguasa de facto kerajaan.

Ali Shihabi, mantan kepala Arabia Foundation di Washington yang secara teratur mendukung kebijakan Saudi, mengatakan tidak ada dalam laporan yang belum disebutkan sebelumnya dan "no smoking gun”.



"Luar biasa bahwa semua hype dibuat tentang dokumen ini ... 'Laporan' tipis ini sebenarnya adalah bukti bahwa tidak ada bukti kuat terhadap MBS," kata Shihabi di Twitter.

Abdulrahman al-Rashed, seorang kolumnis Saudi yang menjalankan grup media yang dikendalikan pemerintah berkata; "Dan itu dinyatakan dalam laporan: Tidak pasti apakah tim tertuduh sedang dalam perjalanan untuk menyingkirkan Khashoggi."

Dia juga mengatakan bahwa "No smoking gun.” Istilah smoking gun bermakna; sesuatu yang berfungsi sebagai bukti atau bukti yang tak terbantahkan, terutama kejahatan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top