Kapal China Buntuti Kapal Malaysia di Laut China Selatan

Jum'at, 17 April 2020 - 22:51 WIB
loading...
Kapal China Buntuti Kapal Malaysia di Laut China Selatan
Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
KUALA LUMPUR - Sebuah kapal survei milik pemerintah China membuntuti kapal eksplorasi yang dioperasikan perusahaan minyak Malaysia, Petronas, di perairan yang disengketakan di Laut China Selatan. Hal itu diungkapkan oleh tiga sumber keamanan regional.

Kapal survei milik China, Haiyang Dizhi 8, memasuki perairan dekat Malaysia pada hari Kamis, menurut situs web lalu lintas pelayaran Marine Traffic.

Menurut sumber keamanan, kapal China itu berada dekat dengan kapal West Capella yang dioperasikan Petronas. Salah satu sumber mengatakan sebuah kapal Vietnam juga membuntuti West Capella.

Wilayah ini berada dekat dengan perairan yang diklaim oleh Vietnam serta Malaysia dan juga oleh China, melalui klaimnya yang luas terhadap sebagian besar Laut China Selatan dalam 'Nine Dash line' berbentuk U yang tidak diakui oleh negara tetangganya atau sebagian besar dunia.

Sebuah sumber keamanan Malaysia mengatakan pada satu titik Haiyang Dizhi 8 diapit oleh lebih dari 10 kapal China, termasuk yang milik milisi laut dan penjaga pantai. Sumber itu juga menyebutkan kapal Vietnam.

Kepala badan penegakan maritim Malaysia, Zubil Mat Som, mengkonfirmasi bahwa Haiyang Dizhi 8 berada di perairan Malaysia seperti dilaporkan harian berbahasa Melayu Harian Metro.



"Kami tidak tahu tujuannya tetapi tidak melakukan kegiatan melawan hukum," katanya, menurut laporan itu, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/4/2020).

Kantor perdana menteri Malaysia, kementerian pertahanan dan Petronas tidak menanggapi permintaan komentar. Pun begitu dengan Kementerian Luar Negeri China dan Vietnam.

Haiyang Dizhi 8 berjarak 324 km (200 mil) di lepas pantai Malaysia, di dalam zona ekonomi eksklusif Malaysia, data Lalu Lintas Laut menunjukkan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1394 seconds (10.55#12.26)