Tornado dan Suhu Beku di Amerika Serikat Tewaskan Tujuh Orang

Rabu, 17 Februari 2021 - 04:04 WIB
loading...
Tornado dan Suhu Beku di Amerika Serikat Tewaskan Tujuh Orang
Tunawisma berlindung di tendanya di Oklahoma, AS. Foto/REUTERS
A A A
OKLAHOMA - Tornado di Amerika Serikat (AS) bagian tenggara dan suhu di bawah nol derajat Celsius hingga ke selatan Texas mengakibatkan tujuh orang meninggal.

Bencana itu pun mengakibatkan pemadaman listrik besar-besaran hingga membatalkan jadwal vaksinasi COVID-19 dan dapat mengganggu pasokan vaksin.

Cuaca berbahaya akan tetap mencengkeram sebagian besar Amerika Serikat dari Selasa hingga Jumat, dengan salju setinggi 4 inci dan hujan beku diperkirakan dari Dataran selatan ke Timur Laut.



“Kami menyebutnya Sistem Badai Nomor 2, dengan penempatan yang sangat mirip dengan badai sebelumnya,” ungkap ahli meteorologi Lara Pagano dari Pusat Prediksi Cuaca, Layanan Cuaca Nasional di College Park, Maryland.



Dia mengacu pada sistem yang mengganggu musim liburan akhir pekan pada Hari Presiden dengan salju tebal dan hujan es dari Ohio hingga Rio Grande.



“Massa udara Artik yang turun di sebagian besar AS itu mendorong suhu ke posisi terendah sepanjang sejarah pada Selasa,” papar Pagano.

Di Lincoln, Nebraska, suhu minus 35 derajat Celsius pada Selasa memecahkan rekor yang ditetapkan pada 1978 sebesar minus 27 derajat Celsius.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)