Tak Hanya di Bumi, Segitiga Bermuda Juga Ada di Ruang Angkasa

Sabtu, 13 Februari 2021 - 11:21 WIB
loading...
A A A
"Dengan lebih banyak radiasi yang masuk, sebuah satelit dapat diisi daya, dan busur yang menyertainya dapat menyebabkan kerusakan serius," terangnya seperti dikutip dari Express, Sabtu (13/2/2021).

Biasanya, medan magnet bumi melindungi pada ketinggian antara 620 dan 37.000 mil di atas permukaan planet.

Tetapi ketinggian rendah dari hotspot radiasi menempatkannya dalam orbit satelit tertentu, yang dibombardir oleh proton yang melebihi energi 10 juta elektron volt.

Pada hari-hari awal ISS, anomali ini akan merusak komputer astronot, memaksa badan antariksa untuk mematikan sistem di papan mereka.

Astronot juga terpengaruh oleh SAA.



Beberapa melaporkan melihat cahaya putih aneh berkedip di depan mata mereka, dan sejumlah langkah telah diambil untuk melindungi astronot sejak saat itu.

Perisai yang kuat dipasang pada bagian-bagian ISS yang paling sering ditempati, seperti galeri dan tempat tidur untuk mengurangi jumlah radiasi yang terpapar astronot.

Astronot juga memakai dosimeter, yaitu perangkat yang mengukur paparan pribadi mereka terhadap radiasi pengion secara real-time, dan mengirimkan peringatan jika mencapai tingkat berbahaya.

Teleskop Hubble, yang melewati SAA 10 kali sehari dan menghabiskan sekitar 15 persen waktunya di sana, tidak dapat mengumpulkan data astronomi selama momen tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)