Astronot UEA Kirim Ucapan Selamat Idulfitri dari Luar Angkasa

Sabtu, 22 April 2023 - 07:55 WIB
loading...
Astronot UEA Kirim Ucapan Selamat Idulfitri dari Luar Angkasa
Astronot UEA Kirim Ucapan Selamat Idulfitri dari Luar Angkasa. FOTO/NASA
A A A
DUBAI - Astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan al-Neyadi mengirimkan ucapan selamat Idulfitri dari luar angkasa – bersama dengan maskotnya untuk misi luar angkasa negara, mainan boneka berwarna-warni Suhail.

Berbagi video di Twitter diiringi musik Arab, dia mengucapkan selamat Idulfitri kepada para pengikutnya, keluarga dan warga UEA.



“Biasanya Idulfitri bersama keluarga dan anak-anak saya. Tetapi, hari ini saya bersama teman saya Suhail di Ruang Internasional Stasiun (ISS),” kata al-Neyadi, seperti dikutip dari Al Arabiya.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan salam saya kepada para pemimpin negara, keluarga saya, teman-teman saya, dan kalian semua. Semoga Idulfitri ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kebaikan bagi seluruh dunia. Selamat tahun baru, dan semoga Anda diberkati,” lanjutnya.

Dia menutup video tersebut dengan mengirimkan Suhail - nama Arab untuk bintang Canopus - melayang ke atmosfer. al-Neyadi sebelumnya membagikan tweet yang mengatakan bahwa dia merayakan Idulfitri ini dengan “teman terpercayanya, Suhail.”



Saeed Al Emadi, dari Pusat Antariksa Mohammed bin Rashid, mengembangkan karakter kartun Suhail untuk membangkitkan minat pada mata pelajaran luar angkasa dan STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) pada generasi berikutnya.

Maskot boneka versi Al-Neyadi telah menemaninya di beberapa video dan pesan yang dia bagikan di ISS. Awal pekan ini, al-Neyadi membagikan rekaman Mekah Arab Saudi di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Al-Neyadi men-tweet video situs suci Kerajaan di halaman Twitter-nya, menyebut rekaman itu sebagai "hadiah untuk anak-anak Salman di malam-malam yang diberkati ini". Rekaman itu menunjukkan Mekah dan Madinah menyala dan Masjid Agung Arab Saudi bersinar dalam gelap.



Astronot Emirat secara teratur membagikan rekaman di ISS sejak memulai misi enam bulannya pada bulan Maret. Al-Neyadi akan menjadi orang Arab pertama yang menyelesaikan spacewalk ketika keluar dari ISS pada 28 April.

Dia mengikuti jejak astronot Arab lainnya, termasuk Emirati Hazzaa al-Mansouri yang menjadi orang Arab pertama di ISS pada 2019, dan Pangeran Arab Saudi Sultan bin Salman yang menjadi orang Arab pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 1985.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)