Pertaruhkan Nyawa Demi Kebenaran, Ini 10 Jurnalis Investigasi Paling Bernyali

Sabtu, 06 Februari 2021 - 12:32 WIB
loading...
A A A
3. Elizabeth Jane Cochrane

Pertaruhkan Nyawa Demi Kebenaran, Ini 10 Jurnalis Investigasi Paling Bernyali


Elizabeth Jane Cochrane atau lebih dikenal dengan by line Nellie Bly adalah jurnalis wanita angkatan pertama di Amerika Serikat sekitar tahun 1887. Oleh editornya di New York ia ditugaskan meliput kondisi sebuah Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Blackwell Island yang diduga melakukan malpraktik.

Untuk masuk ke RSJ tersebut tak ada cara lain bagi Cochrane selain menyamar menjadi pasien sakit jiwa. Risikonya sangat besar, karena sang editor tak menjamin Cochrane bisa keluar dari RSJ tersebut.

Selama 10 hari ia berada di RSJ dan harus menjalani perlakuan medis tak semestinya. Namun pengorbanan itu terbayar. Berkat liputannya, pemerintah AS memerintahkan penyidikan RSJ tersebut dan menaikkan anggaran perbaikan dan pelayanan sebesar USD850.000. (Baca juga: 6 Kota di Dunia yang Pernah Bersalin Nama, Jakarta Paling Sering)

4. Chris Terrill

Pertaruhkan Nyawa Demi Kebenaran, Ini 10 Jurnalis Investigasi Paling Bernyali


Chris Terrill merupakan pakar antropologi asal Inggris dan pembuat film dokumenter. Hasil investigasinya terentang luas di berbagai bidang, mulai dari kasus bullying di sekolah hingga penyelundupan kokain yang melibatkan
Angakatan Laut Kerajaan Inggris. Hebatnya ia bekerja seorang diri.

Tahun 1992, Terrill melakukan investigasi soal penjualan orangutan dengan menyamar sebagai perantara jual beli. Dia juga pernah menyaru menjadi penjual wanita dalam liputannya soal human traf icking di Denmark, Belgia, dan Republik Dominika.

5. Peter Warren
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)