Wartawan Irak Ini Tak Menyesal Lempar Sepatu ke Bush karena Negaranya Kacau Diinvasi AS

Rabu, 15 Maret 2023 - 01:16 WIB
loading...
Wartawan Irak Ini Tak Menyesal Lempar Sepatu ke Bush karena Negaranya Kacau Diinvasi AS
Presiden AS George W Bush (kiri) merunduk saat dilempar sepatu oleh wartawan Irak Muntazer al-Zaidi selama konferensi pers pada 2008. Foto/REUTERS TV via REUTERS
A A A
BAGHDAD - Wartawan Irak Muntazer al-Zaidi mendadak tenar pada 2008 karena melemparkan sepatunya ke presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, George Walker Bush, dalam konferensi pers.

Itu adalah luapan kemarahan Zaidi yang memuncak atas korupsi dan kekacauan negaranya setelah diinvasi AS dan sekutunya pada 2003. Alih-alih menyesal, wartawan tersebut sampai saat ini masih marah.

"Orang yang sama yang masuk 20 tahun lalu dengan penjajah masih berkuasa meskipun gagal dan korupsi. Amerika Serikat tahu betul bahwa itu membawa politisi palsu," katanya kepada Reuters, Selasa (14/3/2023), menceritakan tindakannya pada 2008 selama jumpa pers di Baghdad.



Bush, yang berdiri di samping perdana menteri Irak saat itu, Nuri al-Maliki, merunduk untuk menghindari sepatu yang terbang ke arahnya dari seberang ruangan.

Sekadar diketahui, melempar sepatu ke seseorang adalah penghinaan yang mendalam di dunia Arab.

"Ini adalah ciuman perpisahan dari orang-orang Irak, anjing!" teriak Zaidi sebelum petugas keamanan mengikatnya di luar pada saat itu.

Bush telah dikritik di seluruh Timur Tengah atas keputusannya untuk menggulingkan Saddam Hussein, sebuah tindakan yang diluncurkan berdasarkan kesalahan intelijen AS bahwa pemimpin Irak itu telah mengumpulkan senjata pemusnah massal.

Tuduhan kepemilikan senjata pemusnah massal itu sepenuhnya palsu, tapi Bush dan para pemimpin negara lain yang menginvasi Irak tidak pernah diadili.

Bush menghindar dari sepatu yang dilemparkan Zaidi pada saat itu dengan mengatakan: "Ini seperti pergi ke rapat umum politik dan membuat orang meneriaki Anda. Ini cara orang menarik perhatian."

Nasib Zaidi usai Lempar Sepatu ke Bush


Apa yang terjadi pada Muntazer al-Zaidi setelah melempar sepatu ke presiden AS?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)