Gerakan Black Lives Matter Dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian

Minggu, 31 Januari 2021 - 09:03 WIB
loading...
Gerakan Black Lives Matter Dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian
Anggota parlemen Norwegian menominasikan gerakan Black Lives Matter untuk Hadiah Nobel Perdamaian 2021. Foto/PBS
A A A
OSLO - Seorang anggota parlemen asal Norwegia , Petter Eide, menominasikan gerakan Black Lives Matter (BLM) untuk hadiah Nobel Perdamaian 2021 karena seruannya untuk perubahan sistemik telah menyebar ke seluruh dunia.

Dalam makalah nominasinya, Eide mengatakan gerakan BLM telah memaksa negara-negara di luar Amerika Serikat (AS) untuk bergulat dengan rasisme di dalam masyarakat mereka sendiri.

Baca Juga: Pemimpin Sayap Kanan Prancis Usulkan Pelarangan Jilbab

“Saya menemukan bahwa salah satu tantangan utama yang kami lihat di Amerika, tetapi juga di Eropa dan Asia, adalah jenis konflik yang meningkat berdasarkan ketidaksetaraan,” kata Eide.



“Black Lives Matter telah menjadi gerakan dunia yang sangat penting untuk melawan ketidakadilan rasial," sambungnya.

Baca Juga: Bersitegang dengan India, Pakistan Dapat Kapal Perang Baru dari China

"Mereka memiliki pencapaian luar biasa dalam meningkatkan kesadaran dan kesadaran global tentang ketidakadilan rasial," ujarnya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (31/1/2021).

Eide, yang sebelumnya telah menominasikan aktivis hak asasi manusia dari Rusia dan China untuk penghargaan tersebut, mengatakan satu hal lain yang membuatnya terkesan tentang gerakan Black Lives Matter adalah cara mereka dapat memobilisasi orang dari semua kelompok masyarakat.

Baca Juga: Gelar Pacquiao Dicopot! Yordenis Ugas Naik Takhta Juara Welter WBA

"Tidak hanya Afrika-Amerika, bukan hanya orang-orang yang tertindas, itu telah menjadi gerakan yang luas, dengan cara yang berbeda dari pendahulunya,” ucapnya.

Meski begitu, Eide menegaskan bahwa ia tidak ingin pencalonannya untuk Black Lives Matter dilihat sebagai komentar tentang politik domestik AS. Ia juga menepis kritik dari suara sayap kanan bahwa kelompok itu berada di balik kekerasan di kota-kota AS.



"Studi telah menunjukkan bahwa sebagian besar demonstrasi yang diselenggarakan oleh Black Lives Matter berlangsung damai," katanya.

“Tentu saja ada insiden, tapi kebanyakan disebabkan oleh aktivitas polisi atau kontra-pengunjuk rasa,” ungkapnya.

Data yang dikumpulkan oleh proyek the Armed Conflict Location and Event Data pada September 2020 menunjukkan bahwa 93% demonstrasi Black Lives Matter tidak melibatkan bahaya serius terhadap orang atau properti.

Politisi berusia 61 tahun itu, yang mewakili partai Kiri Sosialis di parlemen sejak 2017, mengutip preseden dari Komite Hadiah Nobel yang berbasis di Oslo yang mengakui perjuangan melawan rasisme. Albert Luthuli dan Nelson Mandela menerima penghargaan itu masing-masing pada tahun 1960 dan 1993 karena mengadvokasi melawan diskriminasi rasial di Afrika Selatan, dan Martin Luther King dianugerahi penghargaan untuk perlawanan tanpa kekerasan terhadap rasisme di AS pada tahun 1964. Mandela berbagi penghargaannya dengan FW de Klerk, pria yang memerintahkan pembebasan pemimpin ANC itu dari penjara.

“Sebenarnya ada tradisi untuk melakukan ini,” kata Eide.



“Ini adalah hubungan yang kuat antara gerakan antirasisme dan perdamaian, serta pengakuan bahwa tanpa keadilan semacam ini, tidak akan ada perdamaian dan stabilitas dalam masyarakat,” tuturnya.

Nominasi tertulisnya menyimpulkan: "Pemberian hadiah perdamaian kepada Black Lives Matter, sebagai kekuatan global terkuat melawan ketidakadilan rasial, akan mengirimkan pesan yang kuat bahwa perdamaian didasarkan pada kesetaraan, solidaritas, dan hak asasi manusia, dan bahwa semua negara harus menghormati prinsip-prinsip dasar tersebut.”

Gerakan Black Lives Matter didirikan bersama pada 2013 oleh Alicia Garza, Patrisse Cullors, dan Opal Tometi sebagai respons atas pembebasan pria yang menembak Trayvon Martin di AS. Gerakan itu memperoleh pengakuan yang lebih luas pada tahun 2014 setelah aksi protes atas kematian Michael Brown dan Eric Garner, dan merupakan sumber dari serangkaian protes global pada tahun 2020 setelah kematian George Floyd dan Breonna Taylor.

Nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian dapat diterima dari politisi mana pun yang bertugas di tingkat nasional, dan mereka hanya diperbolehkan 2.000 kata untuk menyatakan kasus mereka. Batas waktu penyerahan tahun ini adalah 1 Februari, dan pada akhir Maret panitia menyiapkan shortlist-nya. Pemenangnya dipilih pada bulan Oktober dan upacara penghargaan dijadwalkan pada 10 Desember. Ada lebih dari 300 nominasi untuk penghargaan tahun lalu, yang akhirnya dimenangkan oleh Program Pangan Dunia (WFP).

(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)