Warga Tibet Peringati 34 Tahun Penganugerahan Nobel Perdamaian untuk Dalai Lama

Kamis, 14 Desember 2023 - 08:52 WIB
loading...
Warga Tibet Peringati 34 Tahun Penganugerahan Nobel Perdamaian untuk Dalai Lama
Administrasi Tibet Pusat dari pemerintahan Tibet di pengasingan menggelar upacara untuk merayakan 34 tahun penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian untuk Dalai Lama. Foto/tibet.net
A A A
DHARAMSHALA - Administrasi Tibet Pusat (CTA) dari pemerintahan Tibet di pengasingan menggelar upacara resmi pada hari Minggu dalam merayakan peringatan 34 tahun penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian untuk Dalai Lama.

Ratusan warga Tibet berkumpul di kuil utama Buddha, Tsughlakhang, di Dharamshala dalam merayakan acara tersebut.

Mengutip dari ANI, Kamis (14/12/2023), Presiden CTA Pempa Tsering dan ketua parlemen Tibet di pengasingan membacakan pernyataan resmi Kashag dan parlemen. Seniman dari Institut Seni Pertunjukan Tibet menampilkan sejumlah kegiatan budaya dalam peringatan ini.



Saat berpidato dalam acara, presiden CTA Pempa Tsering mengatakan bahwa Kashag menyampaikan terima kasih dan penghormatan terdalam kepada Yang Mulia Dalai Lama. Kashag juga menyampaikan sambutan hangat kepada para pejabat dan tamu yang hadir bersama dalam peringatan ini.

"Kami juga ingin menyampaikan salam hangat kami kepada semua komunitas diaspora Tibet dan khususnya warga Tibet di Tibet," ujar Pempa Tsering.

Bulan lalu, Pemerintah China merilis buku putih yang berjudul "Kebijakan Partai Komunis China mengenai Tata Kelola Xizang di Era Baru: Pendekatan dan Pencapaian."

Buku putih tersebut mengeklaim bahwa "kemajuan sosial dan ekonomi Xizang melambangkan kemajuan pencapaian luar biasa bangsa dalam pembangunan, yang diciptakan di atap dunia melalui jalur modernisasi China."



Pempa Tsering meminta China untuk mengakhiri "pelanggaran terang-terangan" terhadap Undang-Undang Otonomi Nasional Daerah yang dijamin dalam konstitusi China, dan juga berhenti menerapkan kebijakan yang bertujuan memusnahkan identitas Tibet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)