5 Fakta Salwan Momika Pembakar Alquran Tewas di Norwegia

Rabu, 03 April 2024 - 19:19 WIB
loading...
5 Fakta Salwan Momika Pembakar Alquran Tewas di Norwegia
Salman Momika, pembakar Alquran, dikabarkan tewas di Norwegia. Foto/Reuters
A A A
STOCKHOLM - Pengungsi Irak , Salwan Momika, yang membakar Alquran tahun lalu, dikabarkan ditemukan tewas di Norwegia. Namun, belum ada konfirmasi mengenai kematian imigran tersebut.

Salwan Momika merupakan tokoh kontroversial yang memicu kemarahan umat Islam karena melakukan pembakaran Alquran. Itu juga menyebabkan ketegangan antara dunia Islam dengan negara-negara di Eropa.

5 Fakta Salwan Momika Pembakar Alquran Tewas di Norwegia

1. Kabar Pertama Dilaporkan Radio Genoa di X, kemudian Dihapus

Radio Genoa melaporkan dalam sebuah postingan di platform media sosial X pada hari Selasa bahwa pria Irak anti-Islam berusia 37 tahun itu ditemukan tewas.

Namun konfirmasi lebih lanjut belum datang.

“Mereka yang mengumumkan kematian Momika dengan lebih dari 1 juta tayangan menghapus tweet tersebut. Kami menunggu konfirmasi lebih lanjut,” demikian keterangan Radio Genoa.

Radio Geneva, sebuah outlet media terkemuka, awalnya menyampaikan berita kematian Momika melalui tweet yang mendapat perhatian besar. Namun, tweet tersebut kemudian dihapus, membuat publik berada dalam ketidakpastian. Radio Jenewa sejak itu mengumumkan komitmennya untuk memverifikasi keaslian laporan tersebut, seiring dengan meningkatnya spekulasi.


2. Meninggalkan Swedia ke Norwegia

Momika, yang mendapat ketenaran global karena tindakan asusilanya membakar Alquran, baru-baru ini pindah ke Norwegia dari Swedia.

Pada Juni 2023, Salwan Momika menginjak Alquran sebelum membakar beberapa halaman di depan masjid terbesar di Stockholm. Penghinaan terhadap kitab suci umat Islam dilakukan di bawah izin dan perlindungan polisi Swedia.

Insiden tersebut, yang bertepatan dengan dimulainya Iduladha dan berakhirnya ibadah haji tahunan ke Mekkah di Arab Saudi, memicu kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Menyusul insiden tersebut, jutaan umat Islam di berbagai negara turun ke jalan untuk mengutuk pembakaran tempat suci Islam di Swedia.

3. Memicu Ketegangan antara Swedia-Norwegia dengan Dunia Islam

Swedia telah berulang kali mengizinkan pembakaran Alquran dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Januari tahun lalu, seorang ekstremis sayap kanan Swedia-Denmark membakar Alquran di dekat kedutaan Turki di Stockholm.

Meskipun Swedia menyatakan tidak berencana melakukan perubahan besar terhadap undang-undang kebebasan berpendapat menyusul beberapa tindakan penodaan terhadap kitab suci umat Islam, banyak negara Muslim menganggap tindakan penistaan agama tersebut sebagai contoh penyebaran kebencian dan kecenderungan melakukan agresi yang menyalahgunakan prinsip tersebut. kebebasan berbicara.

4. Dikenal sebagai Ateis

Digambarkan sebagai seorang Kristen yang berubah menjadi ateis, Salwan Momika mengidentifikasi dirinya sebagai "kritikus dan pemikir ateis liberal".

Tindakannya, meskipun dianggap oleh sebagian orang sebagai tindakan berani dalam kebebasan berpendapat, namun memicu tentangan keras dari kelompok agama dan pembela hak asasi manusia yang mengecam tindakannya sebagai tindakan yang menghasut dan tidak sopan.

5. Akan Terus Melanjutkan Aksinya

Dia menyebut Alquran, kitab suci umat Islam, sebagai "kitab paling berbahaya di dunia".

“Saya akan melanjutkan perjuangan saya melawan ideologi Islam. Sejak saya memulai perjuangan melawan Islam, saya telah membayar dan terus membayar harganya, dan saya siap untuk itu, berapapun biayanya,” kata Salwan Momika dalam update tanggal 27 Maret, menekankan tekadnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)