Cek Fakta: Salwan Momika Si Pembakar Al-Qur'an Tewas di Norwegia, Benar atau Hoaks?

Senin, 08 April 2024 - 12:44 WIB
loading...
Cek Fakta: Salwan Momika Si Pembakar Al-Quran Tewas di Norwegia, Benar atau Hoaks?
Hasil cek fakta tentang berita Salwan Momika si pembakar Al-Quran tewas di Norwegia adalah berita yang tidak benar. Foto/X @stairwayto3dom
A A A
JAKARTA - Pekan lalu, berita menghebohkan pengguna internet yang mengeklaim bahwa mantan milisi Irak Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia. Momika, yang dikenal dengan sikap anti-Islam dan pernah membakar Al-Qur'an, baru-baru ini memang pindah ke Norwegia dari Swedia.


Sumber Kabar


Akun bernama "The Savior" (@stairwayto3dom) pada 2 April membagikan gambar Salwan Momik di X dan menulis: “Salwan Momika, pria yang beberapa kali membakar Al-Qur'an di Swedia, ditemukan tewas di Norwegia”.

Oleh pihak X, posting akun tersebut ditandai dengan lampiran link berita surat kabar Norwegia; Document.no, yang menulis: “Dinas Imigrasi Kepolisian Nasional tidak mengetahui ada orang dengan nama itu yang meninggal di Norwegia baru-baru ini.”

Posting-an dari akun "The Savior" viral seketika, telah mengumpulkan lebih dari 3 juta tampilan di X.

Selanjutnya, pengguna X lainnya dengan nama "Mister J" (@Angryman_J) juga membagikan foto Salwan dan membuat klaim serupa. "Salwan Momika, ateis Irak yang membakar kitab suci Al-Qur'an di Swedia, telah ditemukan tewas di Norwegia," tulis pengguna akun tersebut.

Posting-an tersebut telah ditangguhkan setelah viral dan mendapat 124.000 tampilan di X.

Akun "Incognito" (@Incognito_qfs) ikut mem-posting: "Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia. Dia adalah seorang pengungsi Irak yang membakar Al-Qur'an di depan umum di Swedia. Pihak berwenang Swedia menolak memberinya suaka dan perlindungan dari para jihadis. Dia pergi ke Norwegia mencari suaka dan ditemukan tewas."

Posting-an tersebut masih ada dan mendapat 92.300 tampilan di X.

Cek Fakta


Sindonews.com menelusuri berita viral di atas dengan mencari beberapa kata kunci di Google dalam konteks berita tersebut. Sejauh ini ditemukan beberapa laporan media.

Laporan Media dari Document dan India Today


Laporan dari situs surat kabar online Norwegia; Document.no menulis judul: "Rumor tentang Salwan Momika tewas di Norwegia tidak benar".

Isi berita itu menyebutkan: "Unit Imigrasi polisi tidak mengetahui bahwa Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia. Dengan demikian, rumor yang beredar secara internasional telah terbantahkan. Unit Imigrasi (PU) polisi tidak mengetahui bahwa seseorang dengan nama di atas telah meninggal di Norwegia baru-baru ini, kami mendapat tanggapan dari departemen komunikasi."

Lebih lanjut, laporan media lain oleh India Today menulis judul: “Tidak ada pernyataan publik resmi tentang rumor kematian Salwan Momika pembakar Al-Qur'an".


Kesimpulan


Terbukti dari cek fakta bahwa berita viral yang mengeklaim Salwan Momika ditemukan tewas di Norwegia adalah menyesatkan karena rumor tersebut telah terbantahkan.

Oleh karena itu, klaim yang dilontarkan pengguna media sosial adalah salah.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)