Istri Kim Jong-un 'Menghilang' Setahun Lebih, Analis Bertanya-tanya

Jum'at, 29 Januari 2021 - 14:15 WIB
loading...
A A A


Media pemerintah Korea Utara pertama kali memperkenalkan Ri Sol-ju pada Juli 2012, dengan dia muncul di acara publik lebih dari 100 kali sejak itu. Namun para ahli mengatakan bahwa satu-satunya penampilan publik Ri di tahun 2020 adalah di Teater Samjiyon, dan mereka hanya bisa menebak mengapa hal itu bisa terjadi.

"Perubahan dalam situasi urusan luar negeri bisa memengaruhi hilangnya Ri," kata Hong kepada NK News.

"Ketika ada beberapa KTT dengan negara lain, peran Ri—peran yang secara universal diharapkan sebagai Ibu negara—meningkat...Tapi sekarang, diplomasi semuanya terhenti.”

Ri Sol-ju menemani suaminya selama puncak diplomasi Korea Utara pada 2018, ketika Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan istrinya, Kim Jung-sook, di Pyongyang.

Ri Sol-ju juga pergi ke Beijing bersama suaminya pada Maret 2018 untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, dan menyapanya lagi di Pyongyang pada Juni 2019. Semua kunjungan diplomatik ini di atas perjalanannya yang lain dengan Kim Jong-un, seperti kunjungan ke zona turis Wonsan-Kalma Korea Utara, juga.

Pada satu titik, Ri Sol-ju pernah berdiri sendiri dalam sorotan koran Rodong Sinmun yang dikelola pemerintah Korea Utara, yang menulis pada 15 April 2018 bahwa Ibu Negara yang "dihormati" itu bertemu dengan delegasi China tanpa Kim Jong-un. Pada saat itu, beberapa ahli berpikir bahwa dia semakin terkenal.

“Pasti ada saat dimana Ri Sol-ju akan secara bertahap mulai mengambil peran seperti secara independen menyapa pejabat asing,” kata Hong.



Menurut Lim, untuk saat ini, para pengamat Korea Utara sedang menunggu Ri Sol-ju muncul kembali—dan begitu dia muncul, dia mungkin masih tidak akan muncul di media pemerintah sesering dulu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)