Mengundurkan Diri, Taktik PM Italia untuk Bangun Koalisi Baru

Rabu, 27 Januari 2021 - 00:03 WIB
loading...
Mengundurkan Diri, Taktik PM Italia untuk Bangun Koalisi Baru
PM Italia Giuseppe Conte. Foto/ABC.net.au
A A A
ROMA - Perdana Menteri (PM) Italia Giuseppe Conte menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada presiden negara itu pada Selasa (26/1/2021). Krisis virus Corona yang berbuntut pada resesi ekonomi menjadi biang keladinya.

Meski begitu, pengunduran diri Conte dinilai hanyalah taktik belaka agar ia diberi kesempatan untuk membentuk koalisi baru dan membangun kembali mayoritas di parlemen.

Krisis politik yang semakin dalam terjadi di Italia dengan latar belakang pandemi virus Corona. Sejauh ini, virus tersebut telah menewaskan lebih dari 85.000 orang Italia atau tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris dan tertinggi keenam di dunia.



Krisis virus Corona Italia telah memicu resesi terburuknya sejak Perang Dunia Kedua dan pemerintah telah berjuang untuk menyusun rencana tentang cara terbaik untuk membelanjakan sekitar USD240 miliar dana Uni Eropa untuk membantu pemulihan ekonomi.

Conte kehilangan dukungan mayoritas mutlaknya di Senat majelis tinggi pekan lalu ketika seorang mitra koalisinya, partai Viva Italia yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Matteo Renzi, mundur berturut-turut atas penanganan pemerintah terhadap krisis virus Corona dan resesi ekonomi.

Renzi menuduh Conte kurang memiliki visi strategis, dengan mengatakan dia mengambil risiko menyia-nyiakan keuntungan dari Uni Eropa yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan bantuan daripada investasi jangka panjang.

Upaya untuk memikat senator sentris dan independen ke dalam koalisi untuk mengisi lubang yang ditinggalkan oleh Renzi tidak banyak berhasil. Ini membuat Conte tidak punya pilihan selain mengundurkan diri dan membuka krisis pemerintah secara formal yang akan memberinya lebih banyak waktu untuk menemukan kesepakatan.

"Presiden Italia Sergio Mattarella akan secepatnya memulai putaran konsultasi dengan para pemimpin partai pada Rabu sore untuk menguji kondisi politik," kata kantor presiden Italia seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/1/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)