5 Tujuan Latihan Perang Dynamic Manta yang Digelar NATO

Selasa, 27 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
5 Tujuan Latihan Perang Dynamic Manta yang Digelar NATO
NATO menggelar latihan perang maritim Dynamic Manta. Foto/NATO
A A A
LONDON - Laut Mediterania dekat Sisilia berubah menjadi panggung demonstrasi luar biasa kohesi dan kehebatan militer. Latihan Dynamic Manta, latihan maritim tahunan NATO , siap untuk dimulai, menarik partisipasi dari kontingen sekutu yang kuat, termasuk Turki, Kanada, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

5 Tujuan Latihan Perang Dynamic Manta yang Digelar NATO

1. Mempertajam Kemampuan Perang Kapal Selam

5 Tujuan Latihan Perang Dynamic Manta yang Digelar NATO

Foto/NATO

Melansir BNN Breaking, dengan fokus pada mempertajam kemampuan perang anti-kapal selam dan meningkatkan kinerja tugas angkatan laut, latihan dua minggu ini menggarisbawahi komitmen NATO untuk memperkuat kemampuan pertahanan kolektif dan respons krisis di wilayah yang mempunyai kepentingan strategis.

2. Konsolidasi Kekuatan

Inti dari Dynamic Manta terletak pada upaya terpadu untuk menyempurnakan dan memamerkan kemampuan perang anti-kapal selam sekutu NATO. Laut Mediterania, dengan topografi bawah lautnya yang kompleks, menawarkan latar belakang yang sempurna untuk upaya tersebut.

Aset yang berpartisipasi, termasuk kapal selam kelas Preveza TCG Anafartalar (S-356) dan kapal fregat kelas Gabya TCG Gediz (F-495) dari TĂĽrkiye, menandakan kekuatan angkatan laut yang beragam dan kuat berkumpul di jalur maritim strategis ini. Latihan ini, di luar tujuan taktisnya, merupakan bukti semangat kolaborasi dan pertahanan bersama di antara anggota NATO dalam menghadapi tantangan maritim global yang semakin meningkat.

3. Meningkatkan Kinerja Tugas Angkatan Laut

5 Tujuan Latihan Perang Dynamic Manta yang Digelar NATO

Foto/NATO

Inti dari Dynamic Manta lebih dari sekedar sikap militer. Latihan ini dirancang dengan cermat untuk meningkatkan kemampuan pasukan yang berpartisipasi dalam melaksanakan tugas-tugas penting angkatan laut, terutama pengendalian laut dan penolakan laut.

Di zaman dimana jalur maritim berfungsi sebagai arteri penting bagi perdagangan internasional dan manuver geopolitik, kemampuan seperti itu sangat diperlukan. Melalui pelatihan yang ketat dan skenario simulasi yang kompleks, latihan ini bertujuan untuk membentuk kekuatan maritim yang kohesif dan mudah beradaptasi yang mampu mengamankan kepentingan NATO di laut lepas dan menghalangi musuh potensial di masa-masa sulit.

4. Memperkuat Pertahanan Kolektif

Sejalan dengan prinsip dasar pertahanan kolektif NATO, Dynamic Manta berfungsi sebagai platform penting untuk menguji dan meningkatkan kemampuan respons krisis aliansi.

Di bawah bimbingan taktis Laksamana Muda Pasquale Esposito, latihan ini merupakan perwujudan nyata kesiapan NATO untuk membela anggotanya dari ancaman apa pun. Demonstrasi kekuatan dan fleksibilitas maritim ini secara signifikan berkontribusi terhadap postur pencegahan strategis aliansi, meyakinkan negara-negara anggota akan keamanan mereka dalam lanskap global yang tidak dapat diprediksi.


5. Memperkuat Solidaritas

Ketika latihan Dynamic Manta berlangsung di lepas pantai selatan Italia, latihan ini tidak hanya menyoroti kecerdasan teknis dan taktis pasukan yang berpartisipasi tetapi juga memperkuat ikatan solidaritas di antara sekutu NATO.

Di hamparan luas Mediterania, kapal-kapal dan kapal selam ini, masing-masing dengan awak dan sejarahnya, bersatu dalam menunjukkan kesatuan yang luar biasa dalam menghadapi tantangan bersama. Latihan tahunan ini, bukan sekedar rutinitas, merupakan pernyataan tegas komitmen NATO terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan yang merupakan persimpangan benua dan budaya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)