Kisah Jet Hawk Indonesia Kejar Jet Tempur Australia saat Krisis Timor Leste

Kamis, 03 Desember 2020 - 16:11 WIB
loading...
A A A
Selama tiga hari berikutnya, kata Henri, pilot Hawk Indonesia tetap waspada, tetapi tidak ada lagi laporan tentang serangan udara lagi. Menurutnya, para pilot bersiaga untuk beraksi dari pukul 06.00 hingga 21.00, namun pada periode ini aktivitas seringkali terbatas pada menonton pesawat angkut yang datang untuk membawa bantuan ke Dili.

Sementara itu, Pasukan Internasional Timor Lorosae (INTERFET) multinasional, yang diorganisasi dan dipimpin oleh Australia, telah dikerahkan ke Timor Lorosa'e untuk membangun dan memelihara perdamaian. Pasukan INTERFET pertama tiba di Dili pada 20 September dan, pada akhir bulan, lebih dari 4.000 tentara dikerahkan.

Pada tanggal 23 September 1999, Henri teringat sirene yang tiba-tiba terdengar lagi dan para pilot Indonesia, beberapa di antaranya baru saja memulai salat Maghrib, berlari ke ruang siap sebelum melompat ke dalam mobil yang membawa mereka ke jalur penerbangan. Dalam adu cepat untuk scramble, salah satu penerbang ingat mengikat sepatu botnya dan mengikat dirinya ke dalam kokpit sementara mesin Hawk diputar.

Kala itu, wingman Henri adalah Mayor Hasbullah, dan dia menjelaskan bahwa mereka ditugaskan untuk menangkap pesawat tak dikenal lainnya. Henri menganggap dua pesawat Hawk Mk 209 mengudara dalam waktu 12 menit setelah peringatan berbunyi, yang membuat pengontrol di pangkalan tidak punya waktu untuk menerangi landasan.

Karena tidak ada waktu untuk pengarahan sebelum penerbangan, Henri memutuskan untuk berbicara dalam bahasa Jawa untuk menjelaskan rencana misi kepada wingman-nya, karena diharapkan Australia akan mendengarkan komunikasi mereka dan mereka mengerti bahasa Indonesia. Henri segera menyadari bahwa Hasbullah tidak mengerti bahasa Jawa, sebelum kedua pesawat Hawk itu menuju ke utara.

Kemudian, menurut Henri, sebuah panggilan radio datang dari GCI di Kupang, “setengah berteriak,” mengumumkan bahwa F-111 RAAF baru saja meraung di atas pangkalan, tampaknya dari arah Dili.

Mampu melesat dengan kecepatan Mach 1.2 di atas permukaan laut, F-111 jelas jauh di luar jangkauan pesawat subsonik Hawk.

F-111, yang dikenal awak RAAF sebagai "Pig", telah dikerahkan ke RAAF Tindal pada akhir Agustus, membawa mereka lebih dekat ke Timor Leste dan target potensial Indonesia lainnya. Jet-jet yang kuat, jika sudah tua, ini kemudian siaga untuk mendukung INTERFET dengan penerbangan pengintaian dan serangan udara jika diperlukan. Dalam aktivitas tersebut, mereka tidak pernah menjatuhkan senjata apapun karena marah.

Catatan resmi Australia mencatat bahwa beberapa serangan pengintaian RF-111C diterbangkan di atas Timor Lorosa'e antara tanggal 5 dan 9 November, meskipun dengan persetujuan Indonesia, menandai satu-satunya pekerjaan operasional armada RAAF F-111. Ini menunjukkan bahwa misi tanggal 23 September yang dilaporkan, jika memang terjadi, mungkin belum disahkan oleh Jakarta.

Terlepas dari itu, Henri dan Hasbullah kembali ke pangkalan, dengan hati-hati mencatat titik arah karena mereka tidak memiliki pengalaman terbang malam dari Kupang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)