Kisah Jet Hawk Indonesia Kejar Jet Tempur Australia saat Krisis Timor Leste

Kamis, 03 Desember 2020 - 16:11 WIB
loading...
A A A
Kedua pesawat Hawk kemudian naik ke ketinggian 28.000 kaki, dan kemudian sudah jelas kontaknya bukanlah helikopter, tetapi jet tempur. Pemimpin penerbangan memilih mode tempur untuk radarnya dan kemudian para jet tempur tak dikenal itu berbalik langsung menuju pesawat Hawk Indonesia.

Ketika kontak datang ke arah mereka, Henri menjelaskan bahwa Azhar mengidentifikasi mereka, meneriakkan “Hornet” melalui radio. Sepasang F/A-18A/B Hornet RAAF diduga terbang dari RAAF Tindal, sebuah pangkalan di Northern Territory, dari mana kehadiran pasukan tambahan RAAF dimaksudkan untuk mencegah Jakarta memulai eskalasi militer di Timor Timur.

Menurut pengungkapan Henri, Azhar mengunci setidaknya satu jet tempur F/A-18 Hornet sebelum Henri memperingatkannya; "Kami belum menyatakan perang!". Tampaknya Hornet Australia sama sekali tidak memasuki wilayah udara Indonesia.

Jet tempur Hornet itu kemudian berbelok kembali ke selatan menuju FIR Darwin sementara pasangan pesawat Hawk kembali ke Kupang.

Henri kemudian menjelaskan bahwa lebih banyak pesawat mulai mengalir ke FIR Darwin, dengan dua kelompok lainnya masing-masing terdiri dari empat pesawat tempur, ditambah pesawat yang lebih besar yang dia duga adalah sebuah pesawat tanker.

Begitu dia mendarat, Henri mengatakan dia memerintahkan awak darat di Kupang untuk menyiapkan Hawk Mk 209 yang dilengkapi radar untuk penerbangan lain, meminta pengisian bahan bakar "panas", di mana bahan bakar dipompa ke dalam tangki saat mesin masih menyala. Itu tidak mungkin, tetapi, setelah dengan cepat menghabiskan secangkir teh, Henri bisa terbang di Mk 209, yang masih dipersenjatai dengan sepasang rudal udara-ke-udara pencari panas AIM-9 Sidewinder. Tidak jelas apakah dia ditemani oleh pesawat Hawk lain kala itu.

Mengudara lagi, Henri mengklaim dia segera memilih radar, tetapi ternyata tidak berfungsi. Dia menghubungkan ini dengan tindakan penanggulangan elektronik yang jauh lebih canggih terhadap jet tempur Hornet Australia.

Jet-jet tempur Australia tersebut kemudian dilaporkan telah mendekati dalam jarak 20 mil dari pesawat Hawk yang dioperasikan Henri, ketika operator GCI yang tegang di Kupang meneriakkan instruksi kepadanya. Pada titik ini, Henri menyadari bahwa drop tank Hawk-nya tidak mengalirkan bahan bakar dengan baik, sehingga mengganggu pusat gravitasi jet dan memengaruhi penanganannya.

Sekali lagi, pertemuan antara Hawk dan Hornet terputus, kali ini sebelum Henri melakukan kontak visual dengan jet tempur Hornet Australia.

Henri kembali lagi ke Kupang, di mana perwira senior tampaknya memarahinya karena terlalu bersemangat untuk menghadapi jet tempur Hornet Australia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)