Apesnya Donald Trump: Sudah Kalah Pilpres AS, Rentetan Gugatan Hukum Menanti

Senin, 09 November 2020 - 08:00 WIB
loading...
Apesnya Donald Trump: Sudah Kalah Pilpres AS, Rentetan Gugatan Hukum Menanti
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump kalah dari rivalnya, Joe Biden, dalam pilpres AS 2020. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Sejak menjabat pada Januari 2017, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah dikepung oleh gugatan hukum dan investigasi kriminal.

Joe Biden dari Partai Demokrat menjadi presiden terpilih AS setelah angka kemenangannya dalam pemilihan presiden Amerika keluar pada Sabtu pekan lalu.

Seorang mantan jaksa AS yang tak disebutkan namanya mengatakan kesengsaraan hukum Trump kemungkinan akan semakin dalam karena pada bulan Januari dia akan kehilangan perlindungan yang diberikan sistem hukum AS kepada presiden yang sedang menjabat. (Baca: Trump Kalah Pilpres AS, Media Partai Komunis China: Haha.... )

Berikut adalah beberapa gugatan hukum dan penyelidikan kriminal yang kemungkinan menghantui Trump saat dia meninggalkan jabatannya, sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (9/11/2020).

Tuntutan New York

Jaksa Distrik Manhattan Cyrus Vance, yang memberlakukan hukum negara bagian New York, telah melakukan penyelidikan kriminal terhadap Trump dan Trump Organization selama lebih dari dua tahun.

Penyelidikan awalnya berfokus pada pembayaran uang diam-diam yang dibayarkan mantan pengacara Trump dan pemecah masalah; Michael Cohen, sebelum pemilu 2016 kepada dua wanita yang mengaku melakukan hubungan seksual dengan Trump. Klaim dua wanita itu dibantah oleh presiden. (Baca: Biden Presiden Terpilih AS: Raja Salman, Putin hingga Erdogan Bungkam )

Vance, seorang politisi Demokrat, telah menyatakan dalam pengajuan tuntutan di pengadilan baru-baru ini bahwa penyelidikannya sekarang lebih luas dan dapat berfokus pada penipuan bank, pajak dan asuransi, serta pemalsuan catatan bisnis.

Trump dari Partai Republik menyebut kasus yang ditangani Vance sebagai pelecehan yang bermotif politik.

Kasus ini menarik perhatian karena upaya Vance untuk mendapatkan uang pengembalian pajak Trump selama delapan tahun. Pada bulan Juli, Mahkamah Agung AS, yang menyangkal upaya Trump untuk menyembunyikan pengembalian pajak, mengatakan bahwa presiden tidak kebal dari penyelidikan kriminal negara saat menjabat, tetapi dapat meningkatkan pertahanan lain untuk panggilan pengadilan oleh Vance.

Para ahli hukum mengatakan Vance kemungkinan pada akhirnya akan menang dalam memperoleh catatan keuangan Trump. (Baca juga: Panik dengan Hasil Pilpres AS, Donald Trump Jr Serukan Perang Total )

Departemen Kehakiman AS mengatakan presiden yang menjabat tidak dapat didakwa. Mantan jaksa penuntut di New York, Harry Sandick, mengatakan Vance tidak terikat oleh kebijakan itu karena dia bukan jaksa federal, tetapi dia mungkin masih enggan menuntut Trump karena ketidakpastian apakah kasus itu konstitusional.

"Kekhawatiran itu akan hilang ketika Trump meninggalkan jabatannya," kata Sandick.

Profesor ilmu politik di Brown University, Corey Brettschneider, mengatakan investigasi tersebut menjadi ancaman bagi Trump.

“Fakta bahwa mereka telah mengeluarkan surat panggilan pengadilan dan telah mengajukan tuntutan sampai ke Mahkamah Agung menunjukkan bahwa ini adalah investigasi kriminal yang sangat serius terhadap presiden,” kata Brettschneider.

Penyelidikan Departemen Kehakiman

Trump kemungkinan besar akan menghadapi tuntutan pidana yang diajukan oleh Departemen Kehakiman AS, yang dipimpin oleh Jaksa Agung AS yang baru.

Beberapa ahli hukum mengatakan Trump dapat menghadapi tuduhan menghindari pajak penghasilan federal, yang merujuk pada laporan New York Times bahwa Trump membayar USD750 dalam pajak penghasilan federal pada tahun 2016 dan 2017.

"Anda mendapatkan berita dari New York Times yang menunjukkan semua jenis indikasi penipuan pajak," kata Nick Akerman, pengacara di Dorsey & Whitney dan mantan jaksa federal.

Akerman mengingatkan bahwa tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti sampai melihat semua bukti.

Trump telah menolak temuan dari laporan New York Times, dengan men-tweet bahwa dia telah membayar pajak jutaan dolar tetapi berhak atas depresiasi dan kredit pajak.

Tuntutan semacam itu akan sangat kontroversial, dan Departemen Kehakiman dapat memutuskan bahwa tuduhan Trump tidak untuk kepentingan publik bahkan jika ada bukti pelanggaran pidana.

Biden telah menjawab pertanyaan itu dengan sangat hati-hati, dengan mengatakan dia tidak akan mengganggu keputusan Departemen Kehakimannya kelak.

Biden mengatakan kepada National Public Radio pada bulan Agustus bahwa mengejar tuntutan pidana terhadap pendahulunya akan menjadi “hal yang sangat, sangat tidak biasa dan mungkin tidak terlalu—bagaimana saya bisa mengatakannya?—baik untuk demokrasi."

Seorang pengacara Trump tidak membalas permintaan komentar.

Investigasi Penipuan Sipil New York

Jaksa Agung New York, Letitia James, memiliki investigasi penipuan pajak aktif terhadap Trump dan perusahaan keluarganya, Trump Organization.

Penyelidikan oleh James, seorang politisi Demokrat, dimulai setelah mantan pengacara Trump, Cohen, memberi tahu Kongres bahwa presiden menaikkan nilai aset untuk menghemat uang untuk pinjaman dan asuransi dan mengempiskannya untuk mengurangi pajak real estate.

Trump Organization berpendapat bahwa kasus tersebut bermotif politik.

Penyelidikan tersebut adalah penyelidikan perdata, yang berarti dapat mengakibatkan sanksi finansial tetapi bukan hukuman penjara.

Putra Trump, Eric Trump, wakil presiden eksekutif untuk perusahaan, digulingkan pada bulan Oktober karena apa yang digambarkan oleh Jaksa Agung sebagai keterlibatan dekatnya dalam satu atau lebih transaksi yang sedang ditinjau.

E. Jean Carroll

E. Jean Carroll, mantan penulis majalah Elle, menggugat Trump karena pencemaran nama baik pada 2019 setelah presiden membantah tuduhan Carroll bahwa Trump memerkosanya pada 1990-an dan menuduhnya berbohong untuk meningkatkan penjualan buku.

Pada bulan Agustus, hakim negara bagian mengizinkan kasus itu dilanjutkan, yang berarti pengacara Carroll dapat mencari sampel DNA dari Trump untuk dicocokkan dengan gaun yang katanya dia kenakan di department store New York City.

Seorang hakim federal di Manhattan menolak tawaran Departemen Kehakiman AS untuk menggantikan Trump sebagai tergugat dalam kasus tersebut oleh pemerintah federal. Hakim Distrik AS Lewis Kaplan di Manhattan mengatakan bahwa Trump tidak membuat pernyataannya tentang Carroll dalam lingkup pekerjaannya sebagai presiden.

Barbara McQuade, seorang profesor hukum di University of Michigan, mengatakan dia berharap Departemen Kehakiman dari pemerintah Biden nantinya meninggalkan upaya untuk melindungi Trump dari kasus tersebut.

“Tampaknya tidak mungkin bagi DOJ (Departemen Kehakiman) untuk terus mengejar apa yang saya lihat sebagai argumen sembrono dalam pemerintahan baru,” kata McQuade, mantan jaksa federal.

Summer Zerovs

Trump juga menghadapi gugatan oleh Summer Zervos, kontestan tahun 2005 di acara reality show televisi Trump "The Apprentice," yang mengatakan Trump menciumnya di luar keinginannya pada pertemuan tahun 2007 dan kemudian meraba-raba dia di sebuah hotel.

Setelah Trump menyebut Zervos pembohong, Zervos menggugatnya karena pencemaran nama baik.

Trump mengatakan dia kebal dari gugatan karena dia adalah presiden. Kasus ini telah ditunda ketika pengadilan banding negara bagian New York meninjau putusan pengadilan Maret 2019 yang menyatakan bahwa Trump harus menghadapi kasus tersebut saat dia menjabat. Argumen kekebalan Trump tidak akan berlaku lagi setelah dia lengser dari Gedung Putih.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)