China Dilaporkan Tengah Membuat Pesawat Siluman Baru

Jum'at, 06 November 2020 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Bahkan dengan J-20 yang memasuki layanan melambat dan dalam jumlah kecil, militer China mungkin menemukan bahwa mereka tidak mampu secara bersamaan mengirimkan empat pesawat tempur siluman baru.

Tetapi pesawat tempur yang sedang dikembangkan di China masih memiliki peluang lebih baik untuk memasuki militer daripada pesawat yang coba dikembangkan oleh negara yang lebih kecil. China menghabiskan lebih dari USD200 miliar setiap tahun untuk angkatan bersenjatanya, tingkat investasi tertinggi kedua setelah Amerika Serikat dengan anggaran pertahanan USD700 miliar.(Baca juga: China Tetapkan Roadmap untuk Samai Kekuatan Militer AS pada 2027 )

China seperti Amerika Serikat mampu membeli banyak program pesawat perang domestik. Tidak jelas apakah negara lain mampu membelinya bahkan satu.

Namun, telah terjadi ledakan proyek pesawat tempur siluman dalam beberapa tahun terakhir karena semakin banyak negara mencoba mengisi relung dalam struktur kekuatan mereka sendiri sambil juga mengincar pasar internasional untuk pesawat tempur canggih.

Selain Amerika Serikat dan bermitra dengan tiga varian F-35 Joint Strike Fighters, Rusia sedang mengerjakan pesawat tempur siluman Su-57 sendiri. India sempat menjadi mitra dan sekarang Turki dapat bergabung dengan proyek bermasalah tersebut. Ankara juga mendanai studi pesawat perang penghindar radar domestik murni.

Jepang mengutak-atik konsep pesawat tempur siluman, seperti halnya Korea Selatan. Indonesia menandatangani untuk berkolaborasi dalam proyek dengan Korea Selatan.(Baca juga: Dikembangkan Indonesia-Korsel, Ini Mock-up Jet Tempur KF-X/IF-X )

Sebagian besar dari apa yang disebut "konsep pesawat tempur nasional" kemungkinan besar akan hancur.

"Konsep pesawat tempur nasional hampir selalu merupakan ide yang sangat buruk," jelas Richard Aboulafia, seorang analis dari Grup Teal yang berbasis di Virginia.

Contoh sebelumnya termasuk Lavi dari Israel, pembom tempur Ceko yang disebut L-159 dan, yang paling parah, Pesawat Tempur Ringan India, yang menghabiskan 30 tahun dalam pengembangan, menghabiskan miliaran dolar sebelum akhirnya memproduksi pesawat tempur ringan yang belum sempurna pada tahun 2011.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)