China Dilaporkan Tengah Membuat Pesawat Siluman Baru

Jum'at, 06 November 2020 - 17:01 WIB
loading...
China Dilaporkan Tengah Membuat Pesawat Siluman Baru
China dilaporkan tengah mengembangkan pesawat tempur siluman baru yang diduga adalah hasil pengembangan proyek pesawat lama FC-31. Foto/Navy Recognition
A A A
BEIJING - China dilaporkan tengah mengembangkan pesawat tempur siluman baru . Pesawattempurbaru, yang sedang dikembangkan oleh Institut Penelitian dan Desain Pesawat Shenyang, bisa menjadi desain clean-sheet. Atau mungkin pengembangan dari FC-31 lama, pesawat tempur siluman yang dioptimalkan untuk ekspor yang belum mendapatkan satu pesanan pun.

Shenyang dan departemen militer AVIC Manufacturing Technology Institute pada tahun 2018 bersama-sama membentuk tim dengan nama sandi "J.J.". Tim ini bertujuan mengembangkan pesawat tempur tipe baru, Global Times melaporkan, mengutip artikel yang diterbitkan perusahaan di platform media sosial WeChat.

“Proyek pengembangan bersama pertama kali direncanakan pada Juni 2018 dan dimulai dengan upacara pembukaan pada September 2018,” lapor Global Times.

“J.J. tim mengirimkan ilustrasi benda uji pada November 2019," menurut artikel itu yang disitir National Interest, Jumat (6/11/2020).



Tim gabungan tersebut dilaporkan sedang fokus pada pengembangan inlet mesin berbentuk S yang melengkung. Lubang masuk yang melengkung dapat menghalangi turbin mesin dari pandangan, sehingga mengurangi tanda radar pesawat. Tetapi lubang masuk berbentuk S sulit untuk dirancang dan diintegrasikan.

Pesawat tempur siluman operasional pertama China, J-20 bermesin ganda, mulai beroperasi pada tahun 2019. Sekitar 15 pesawat itu sudah beroperasi dengan satu resimen garis depan, menurut penghitungan tidak resmi. Sementara Beijing secara khusus menugaskan J-20 dari pabrikan Chengdu, FC-31 adalah proyek yang sangat pribadi yang diharapkan Shenyang akan menghasilkan pesanan domestik atau asing.

Tapi pesawat FC-31 bermesin ganda tetap tidak terjual. Ada desas-desus bahwa tipe tersebut mungkin akan berkembang menjadi pesawat tempur berbasis laut untuk China di masa depan, diterbangkan dari kapal induk besar. Namun untuk saat ini tampaknya versi J-20 akan mengisi peran itu. Dalam mengembangkan pesawat tempur siluman baru, Shenyang mungkin mengakui bahwa FC-31 yang relatif ringan adalah sebuah kegagalan.

Pesawat tempur siluman baru Shenyang bergabung dengan kandang penuh pesawat tempur yang sedang dikembangkan di China. Ada desas-desus tentang pesawat tempur yang mendarat vertikal J-18 yang dapat terbang dari kapal serbu amfibi dek besar baru Angkatan Laut China. Industri China juga sedang mengerjakan pembom tempur siluman dan pembom berat yang mampu menghindari radar, disebut H-20.

Berapa banyak dari pesawat baru ini yang akan menyelesaikan pengembangan dan memasuki tugas di garis depan tetap menjadi pertanyaan. Dalam hal pesawat siluman, idenya murah. Kerangka udara, mesin, dan perawatan selama puluhan tahun mahal. Beijing telah mengisyaratkan perlambatan dalam ekspansi militernya, dilaporkan membatalkan kapal induk yang direncanakan kelima dan keenam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)