Fobia Pemimpin Pemberani: Jenghis Khan Takut Anjing, Caesar Takut Petir

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Salah satu Tudor yang paling terkenal, Raja Henry VIII, memiliki fobia akan penyakit, khususnya wabah dan penyakit keringat misterius yang melanda Inggris selama masa pemerintahannya. (Baca juga: 5 Angkatan Udara Paling Digdaya di Dunia, Negara Mana Saja?)

Selama wabah penyakit keringat melanda London pada 1528, Henry VIII pergi dari ibukota dengan ratu dan gundiknya, Anne Boleyn, dan tidur di rumah yang berbeda setiap malam. Ketika salah satu pelayan Anne Boleyn terkena penyakit itu, Henry melarikan diri ke sebuah rumah tak dikenal yang berjarak hampir 20 kilometer (12 mil) jauhnya.

Ketika Kardinal Wolsey menyebut wabah itu adalah hukuman dari Tuhan yang marah karena keinginan Henry untuk membatalkan pernikahannya, Henry marah besar. Menurut duta besar Prancis saat itu, Henry sampai mengeluarkan kata-kata yang mengerikan. Akhirnya wabah itu lenyap, sehingga memungkinkan Henry untuk kembali ke London.

Augustus Caesar (Takut petir)

Fobia Pemimpin Pemberani: Jenghis Khan Takut Anjing, Caesar Takut Petir


Menurut sejarawan Romawi, Suetonius, pendiri Kekaisaran Romawi ini takut dengan guntur dan kilat. Saat duduk di tandu selama kampanye Cantabria, Augustus Caesar akan melarikan diri dari petir yang menyambar di dekatnya. Hal ini terjadi setelah petir menghanguskan dan membunuh seorang budak yang sedang berjalan di depannya dengan obor.

Augustus yang takut dan percaya dengan takhayul, langsung membangun Kuil Yupiter untuk menenangkan sang dewa petir. Namun ketakutannya tetap menyertainya sepanjang hidupnya. Suetonius mengklaim Augustus selalu membawa sepotong kulit anjing laut sebagai jimat untuk perlindungan.

Ketika badai mendekat, ia akan berlindung di ruang bawah tanah. Dia juga mungkin memiliki persediaan lilin di dalamnya, karena beberapa orang mengatakan bahwa Augustus juga
takut duduk sendirian dalam kegelapan.

Heraclius (Takut air)

Fobia Pemimpin Pemberani: Jenghis Khan Takut Anjing, Caesar Takut Petir
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)