Hilang Sejak 2018, Plt Dubes Korut Ternyata Membelot ke Korsel

Kamis, 08 Oktober 2020 - 02:05 WIB
loading...
A A A
Anggota parlemen oposisi Korsel, Cho Tae-yong, yang juga mantan wakil penasihat keamanan nasional, menuduh pemerintah sengaja membocorkan informasi tentang Jo dan menggambarkannya sebagai tindakan yang sama sekali tidak memiliki pertimbangan kemanusiaan terkait putrinya.

Namun Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha mengatakan dia terkejut dengan berita keberadaan Jo dan berbagi keprihatinan untuk putrinya.

Untuk diketahui, para diplomat Korut yang ditempatkan di luar negeri sering kali harus meninggalkan beberapa anggota keluarga di Pyongyang, sebuah langkah yang diharapkan dapat mencegah mereka membelot.

Jika dikonfirmasi, Jo akan menjadi pembelot Korut paling senior sejak 1997.(Baca juga: Adik Kim Jong-un Muncul Lagi, Kunjungi Desa Dilanda Banjir di Korut )

Jo Song-gil menghilang bersama istrinya setelah meninggalkan kedutaan tanpa pemberitahuan pada November 2018, tepat sebelum masa jabatannya sebagai penjabat duta besar Korut untuk Italia akan berakhir.

Laporan pada saat itu mengatakan sang diplomat - putra dan menantu pejabat tinggi Korut - sedang mencari suaka di bawah perlindungan pemerintah Barat.

Kementerian luar negeri Italia mengatakan dia dipulangkan ke Korut pada Februari 2019 atas permintaannya sendiri setelah orang tuanya hilang.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)