Konflik Laut China Selatan, China Utus Menhan Wei Temui Prabowo

Selasa, 08 September 2020 - 14:13 WIB
loading...
Konflik Laut China Selatan, China Utus Menhan Wei Temui Prabowo
Kawasan Laut China Selatan yang jadi sengketa China dan negara-negara Asia Tenggara. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) China Wei Fenghe dijadwalkan tiba di Jakarta pada Selasa (8/9/2020) untuk menemui Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

Beijing mengutus Wei ke Malaysia dan Indonesia menjelang pertemuan ASEAN yang membahas masalah sengketa wilayah perairan di Laut China Selatan . (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

Wei telah mengunjungi pemimpin Malaysia di Kuala Lumpur pada hari Senin. Diplomasi Beijing ini dalam upayanya untuk menyeimbangkan pengaruh Amerika Serikat (AS) di Asia-Pasifik di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan .

Kunjungan Menhan Wei dilakukan tepat sebelum serangkaian pertemuan virtual ASEAN yang berlangsung dari Rabu hingga Sabtu, dengan Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo diperkirakan akan hadir.

Meskipun Indonesia bukan negara penggugat dalam sengketa Laut China Selatan, namun telah bentrok dengan Beijing atas kapal penangkap ikan China yang memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE)-nya di sekitar Kepulauan Natuna. Jakarta sendiri menolak peta "dash-nine line" atau "garis sembilan putus-putus" yang digunakan China sebagai dasar untuk klaimnya di perairan Kepulauan Natuna. (Baca: AS: Klaim China atas Laut China Selatan Melanggar Hukum! )

Tetapi Indonesia, yang menghadapi resesi saat bergulat dengan meningkatnya kasus Covid-19, telah beralih ke pembuat obat China untuk mengamankan pasokan vaksin potensial dan terus menyambut investasi China untuk pertumbuhan ekonomi.

Perjalanan Wei ke Jakarta dikonfirmasi oleh juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang mengatakan kedua Menhan akan bertemu pada pukul 16.00 WIB sore ini.

Mengutip kantor berita Xinhua, Wei pada hari Senin mengatakan kepada Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin bahwa China bersedia bekerja dengan negara-negara ASEAN, termasuk Malaysia, "untuk bertemu di tengah jalan" untuk menjaga perdamaian di Laut China Selatan. Dia menambahkan bahwa menjaga stabilitas di Laut China Selatan adalah tanggung jawab bersama antara China dan Malaysia. (Baca: China Balas Pompeo: Laut China Selatan Bukan Hawaii-nya AS )

Wei, yang juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob, mengatakan China berkomitmen untuk memperkuat kerjasama pertahanan antara kedua negara dan terus memajukan hubungan antarmiliter. Muhyiddin mengatakan Malaysia bersedia bekerja sama dengan China untuk memperkuat kerja sama bilateral di semua bidang termasuk pertahanan, pendidikan, ekonomi, dan perdagangan.

Mengomentari kunjungan Wei, mantan wakil menteri pertahanan Malaysia Liew Chin Tong memperingatkan bahwa Laut China Selatan bisa menjadi "Balkan dari bagian dunia ini" di mana kekuatan-kekuatan besar bisa "berjalan dalam tidur ke dalam krisis dan perang" karena tidak ada penyangga antara AS dan China.

"Dalam konteks ketegangan AS-China yang meningkat, tidak ada wilayah lain yang memiliki taruhan lebih tinggi dan lebih penting bagi kebangkitan China selain maritim Asia Tenggara. Saya secara konsisten mengadvokasi bahwa China harus memperlakukan negara-negara maritim Asia Tenggara sebagai prioritas kebijakan luar negeri nomor satu," katanya. (Baca: Pentagon: China Lirik Indonesia untuk Jadi Pangkalan Militernya )

"Ini adalah wilayah yang secara geografis dekat dengan China, tetapi negara bagian di wilayah tersebut secara hati-hati melakukan hedging antara AS dan China," lanjut dia, seperti dilansir South China Morning Post.

Pekan lalu, Luo Zhaohui, Wakil Menteri Luar Negeri China untuk Urusan Asia, menuduh AS berulang kali melakukan provokasi dan mencoba memaksa negara-negara di kawasan itu untuk memihak antara Beijing dan Washington.

"Laut China Selatan yang bermasalah hanya melayani kepentingan AS dan agenda globalnya, sementara negara-negara di kawasan itu harus menanggung biayanya," katanya pada pertemuan pensiunan pejabat pemerintah dan pakar hukum dan kelautan dari kawasan itu. (Baca: China Sudah Ungguli AS dalam Jumlah AL, Rudal Darat dan Sistem Rudal Udara )

Liew mengatakan China tidak boleh melihat wilayah ini hanya "dari perspektif persaingan kekuatan besar", karena negara-negara ini memiliki agen dan juga penonton domestik yang harus dimenangkan China.

“China harus lebih mengutamakan memenangkan hati dan pikiran di maritim Asia Tenggara. Kunjungan Wei Fenghe bisa dibaca dalam konteks ini," kata Liew.

Dia mencatat bahwa Malaysia “relatif bersahabat dengan China” dibandingkan dengan negara-negara maritim Asia Tenggara lainnya.

Zachary Abuza, seorang profesor yang mengkhususkan diri dalam masalah keamanan Asia Tenggara di National War College yang berbasis di Washington, mengatakan kunjungan Wei ke Malaysia tidak mengejutkan karena China telah meningkatkan diplomasi pertahanannya di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.

“Malaysia adalah negara penting bagi China, karena merupakan penerima utama dana (Belt and Road Initiative) dan investasi China lainnya,” katanya, merujuk pada rencana Beijing untuk menumbuhkan perdagangan global. (Baca: China Diserukan Usir atau Tabrak Kapal Perang India jika Masuk Laut China Selatan )

"Kunjungan itu dilakukan beberapa hari sebelum pertemuan puncak ke-53 ASEAN, ketika ada ketidakbahagiaan yang tumbuh dengan China terkait sejumlah masalah: pembendungan Sungai Mekong, Laut China Selatan, dan diplomasi yang semakin tegas."

Abuza mengatakan China "jelas mengambil keuntungan" dari fakta bahwa Amerika Serikat telah melepaskan kepemimpinan dalam masalah keamanan dan ekonomi regional.

"Kami kehilangan banyak pengaruh di kawasan ini. China sudah menjadi mitra dagang terbesar dari hampir setiap negara bagian di Asia Tenggara, sumber investasi dan penyedia pinjaman, sebagian predator, sebagian lainnya tidak," katanya.

Menurut Abuza, terlepas dari kegelisahan yang berkembang tentang China di kawasan ini, pemerintah Asia Tenggara tetap lebih setuju dengan Beijing daripada ke Eropa, Australia dan AS.

Malaysia dan Brunei adalah dua dari empat negara Asia Tenggara yang menentang klaim ekspansif Beijing di Laut China Selatan, yang dilalui kapal-kapal perdagangan internasional senilai USD3,4 triliun setiap tahun. Tapi tidak seperti Vietnam dan Filipina, mereka hanya membuat sedikit pernyataan publik tentang masalah ini, bahkan ketika Beijing membangun pulau buatan dan mengirim pasukan penjaga pantai dan kapal penelitian ke daerah yang kaya sumber energi itu untuk memperkuat klaimnya.

Malaysia cenderung tidak pernah secara terbuka mengkritik atau menyebut China di Laut China Selatan."Itu bukan gaya diplomatik Malaysia," kata Abuza. (Baca juga: Jet-jet Tempur China Berkeliaran 10 Jam di Atas Laut China Selatan )

"Apa yang kami lihat dengan Malaysia adalah bahwa mereka berbicara melalui pengajuan hukum di badan-badan PBB. Dan jika Anda membaca pengajuan terbaru mereka, (mereka) jelas sangat kritis terhadap China dan klaimnya," paparnya, yang menambahkan bahwa Malaysia terlalu kecil untuk menghadapi China sehingga mencoba menggunakan hukum internasional untuk mendukung klaimnya.

“Masalah sebenarnya Malaysia di Laut China Selatan adalah Filipina, yang melanjutkan klaimnya yang lemah atas Sabah. Hal ini mengakibatkan ASEAN benar-benar tidak dapat menemukan titik temu untuk melawan China," kata Abuza.

Kedua negara itu telah bertukar kata-kata tajam dalam beberapa pekan terakhir setelah Menteri Luar Negeri Filipina Teddy Locsin Jnr menulis di media sosial pada Juli bahwa Sabah “tidak ada di Malaysia”.

Azmi Hassan, analis politik dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM), mengatakan meskipun kapal perang dan nelayan China melanggar zona ekonomi eksklusif Malaysia, hubungan pertahanan antara Malaysia dan China tetap sangat erat.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Azmi, kapal selam China telah berlabuh di pelabuhan Angkatan Laut Sepanggar di negara bagian Sabah untuk mengisi bahan bakar, dan ini diperkirakan akan terus berlanjut.

"Bukan rahasia lagi bahwa Malaysia sering menjadi tuan rumah bagi kapal perang dan kapal selam China, kecuali bahwa media lokal jarang menyoroti berita tersebut karena sensitivitasnya."

Dia mengatakan kapal perang itu terkait dengan misi Laut China Selatan dan alasan mereka diizinkan untuk berlabuh adalah untuk menunjukkan bahwa Malaysia tidak menganggap China sebagai musuh dan bahwa masalah Laut China Selatan dapat diselesaikan secara damai. (Simak juga: AS-China Memanas, Pembom Beijing Latihan Serangan di Laut China Selatan )

"China akan selalu menjadi mitra yang lebih dapat diandalkan tidak hanya dalam perdagangan tetapi semua sektor lainnya dibandingkan dengan AS...karena hubungan tersebut didasarkan pada rasa saling percaya dan keuntungan," imbuh Azmi.

Azmi mengatakan AS dipandang sebagai negara yang "kurang dapat diandalkan" karena Presiden Donald Trump, yang terlihat terlibat dalam sengketa Laut China Selatan dalam upaya untuk "mencetak poin" terhadap Presiden China Xi Jinping, bukan karena keinginan apa pun untuk melindungi Malaysia.

"Malaysia sangat waspada dengan ini. Mungkin saya sangat bias terhadap China, tapi menurut saya kenyataannya Malaysia harus lebih pragmatis karena kami adalah negara kecil," kata Azmi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)