Sepuluh Tentara Mali Tewas Setelah Disergap Militan

Sabtu, 05 September 2020 - 01:43 WIB
loading...
A A A
Kudeta keempat dalam 60 tahun Mali sebagai negara merdeka terjadi karena situasi semakin tidak terkendali.(Baca juga: Militer Mali Berjanji Gelar Pemilu Pasca Lakukan Kudeta )

Tentara yang tidak memiliki perlengkapan memiliki tugas yang sangat besar untuk mengamankan wilayah yang berukuran dua setengah kali luas Prancis dari berbagai kelompok yang bersekutu dengan al-Qaeda atau ISIS dan berbagai kelompok milisi, beberapa berperang untuk pemerintah dan lainnya menentang.

Rotasi pasukan tidak tetap dan tentara dapat tetap berada di medan yang tidak bersahabat di barak yang diduga akan diserang hingga sembilan bulan berturut-turut.

"Keadaan angkatan bersenjata sangat dahsyat. Dapatkah Anda bayangkan menteri pertahanan ketika mengunjungi lapangan pada akhir 2019 mengetahui bahwa tentara tidak memiliki air di kamp?" kata mantan penasehat keamanan Kissima Gakou.

Semakin jelas bahwa tentara Mali tidak mampu mengusir para militan tanpa dukungan sekutu asing seperti Prancis, yang telah mengerahkan lebih dari 5.000 tentara di Afrika Barat.

Militer juga telah dirusak oleh tuduhan berulang kali membunuh dan menjarah warga sipil dengan kedok operasi anti-teroris.

Korupsi adalah masalah besar lainnya. Prajurit yunior menuduh petugas mencuri uang seperti yang dikatakan seseorang.

Pada tahun 2014, sebuah laporan tentang peralatan tentara menemukan kaus kaki dijual dengan harga 35 euro sepasang ketika gaji rata-rata seorang tentara adalah 2 euro sehari.

Para pemimpin kudeta telah berjanji untuk membangun "Mali Baru" dan menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)