Mali, Niger dan Burkina Faso Sepakati Pakta Keamanan Sahel

Minggu, 17 September 2023 - 13:50 WIB
loading...
Mali, Niger dan Burkina Faso Sepakati Pakta Keamanan Sahel
Mali, Niger dan Burkina Faso sepakati Pakta Keamanan Sahel. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BAMAKO - Tiga negara Sahel Afrika Barat yang diperintah oleh junta militer yaitu Mali , Niger dan Burkina Faso menandatangani pakta keamanan yang berjanji untuk saling membantu jika terjadi pemberontakan atau agresi eksternal.

Ketiga negara tersebut sedang berjuang untuk membendung pemberontak Islam yang terkait dengan al Qaeda dan ISIS. Ketiganya juga mengalami ketegangan dalam hubungan mereka dengan negara tetangga dan mitra internasional akibat kudeta.

Kudeta terbaru di Niger semakin memperparah perselisihan antara ketiga negara tersebut dan negara-negara blok regional, Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat, yang mengancam akan menggunakan kekerasan untuk memulihkan kekuasaan konstitusional di negara tersebut.

Mali dan Burkina Faso berjanji akan membantu Niger jika diserang.



“Setiap serangan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial satu atau lebih pihak yang terikat kontrak akan dianggap sebagai agresi terhadap pihak lain,” menurut piagam pakta tersebut, yang dikenal sebagai Aliansi Negara Sahel seperti dikutip dari Reuters, Minggu (17/9/2023).

Dikatakan negara-negara lain akan membantu secara individu atau kolektif, termasuk dengan penggunaan kekuatan bersenjata.

“Saya hari ini telah menandatangani piagam Liptako-Gourma dengan para Kepala Negara Burkina Faso dan Niger yang membentuk Aliansi Negara-Negara Sahel, dengan tujuan membangun kerangka pertahanan kolektif dan bantuan timbal balik,” kata pemimpin junta Mali Assimi Goita pada akun media sosial X, dulu Twitter..

Ketiga negara bagian tersebut adalah anggota aliansi G5 Sahel yang didukung Prancis bersama Chad dan Mauritania, yang diluncurkan pada tahun 2017 untuk mengatasi kelompok Islam di wilayah tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)