Ambisi Maritim China Terhambat Tenggelamnya Kapal Selam Nuklir Terbaru

Kamis, 10 Oktober 2024 - 09:09 WIB
loading...
A A A
Hal ini juga dapat memberikan kesempatan bagi Amerika Serikat dan sekutunya untuk menekankan kemampuan Angkatan Laut mereka yang unggul, sehingga menempatkan China dalam posisi yang kurang menguntungkan dalam strategi maritim.

Secara internal, CCP menghadapi tekanan yang meningkat untuk mengatasi masalah ini tanpa terlihat lemah. Legitimasi partai, sebagiannya bertumpu pada kemampuan memproyeksikan kekuatan dan mempertahankan status China yang meningkat di panggung global.

Kegagalan apa pun yang dirasakan dalam hal ini dapat memicu kritik internal, terutama karena Xi Jinping mengaitkan kepemimpinannya dengan erat kecakapan militer China.

Menurut para pakar isu China, tenggelamnya kapal selam serang bertenaga nuklir terbaru merupakan kemunduran signifikan bagi ambisi maritim CCP dan tujuan yang lebih luas untuk modernisasi militer.

Insiden ini tidak hanya menghambat kemampuan Angkatan Laut China secara langsung, tetapi juga menimbulkan keraguan atas keandalan teknologi militer mutakhirnya.

Selain itu, di kawasan yang ketegangan geopolitiknya sudah tinggi, insiden tersebut memiliki konsekuensi yang melampaui batas wilayah China, memengaruhi perhitungan strategisnya, dan keseimbangan kekuatan yang lebih luas di Indo-Pasifik.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)