Rusia Tak Inginkan Perang Atom, tapi Senjata Nuklirnya Siap Tempur Penuh

Minggu, 22 September 2024 - 07:41 WIB
loading...
Rusia Tak Inginkan Perang...
Rusia tak inginkan perang atom, tapi senjata nuklirnya siap tempur penuh. Foto/Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia/AP Photo
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia menyatakan Moskow tidak menginginkan perang nuklir, namun mengumumkan bahwa senjata nuklirnya saat ini berada dalam kesiapan tempur penuh.

Pengumuman itu disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, sebagai peringataan tidak langsung terhadap Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu NATO atas dukungan penuh mereka kepada Ukraina.

Menurut Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir (ICANW), perang Rusia-Ukraina merupakan bahaya nyata karena Moskow memiliki lebih banyak hulu ledak nuklir daripada negara lain.

Terlebih, Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat senior Kremlin lainnya berulang kali mengancam eskalasi nuklir terhadap Kyiv dan mitra Barat-nya sejak Rusia melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022.



Dalam sebuah wawancara dengan Sky News Arabia, Lavrov mengatakan tidak seorang pun menginginkan perang nuklir, termasuk Rusia. Namun, dia memperingatkan bahwa senjata nuklir negaranya sudah berada dalam "kesiapan tempur penuh”.

"Kami berbicara tentang garis merah, berharap bahwa penilaian dan pernyataan kami akan didengar oleh orang-orang yang cerdas dan pembuat keputusan. Tidaklah serius untuk mengatakan bahwa jika besok Anda tidak melakukan apa yang saya minta dari Anda, kami akan menekan 'tombol merah'," kata Lavrov.

“Saya yakin bahwa dalam situasi seperti itu, para pembuat keputusan memiliki gagasan tentang apa yang sedang kami bicarakan. Tidak seorang pun menginginkan perang nuklir,” katanya lagi.

“Rusia memiliki senjata yang akan memiliki implikasi serius bagi para pengendali rezim Ukraina,” imbuh dia, yang dikutip Newsweek, Minggu (22/9/2024).

Pernyataan Lavrov muncul setelah sekutu Putin lainnya, mantan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, mengeluarkan peringatan respons nuklir baru pekan lalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)