Negara Uni Eropa Bisa Paksa Warga Rusia Pilih Kewarganegaraan

Sabtu, 07 September 2024 - 11:05 WIB
loading...
Negara Uni Eropa Bisa...
Aksi unjuk rasa di Lapangan Wenceslas di bawah patung duke Bohemia abad ke-10, Ceko. Foto/Roman Maca
A A A
PRAHA - Republik Ceko akan segera mewajibkan warga Rusia menyerahkan paspor mereka guna memperoleh kewarganegaraan negara Uni Eropa, demikian dilaporkan surat kabar Blesk pada Kamis (5/9/2024).

Amandemen undang-undang kewarganegaraan negara tersebut didorong oleh Partai Wali Kota dan Independen (STAN).

Anggota parlemen Martin Exner dilaporkan mengatakan syarat kewarganegaraan tunggal akan berlaku untuk semua warga negara Rusia, kecuali pencari suaka dan beberapa kasus khusus lainnya.

Amandemen tersebut juga dapat mencakup aturan baru mengenai perpanjangan perlindungan sementara bagi pengungsi dari Ukraina.

“Kita tidak dapat membiarkan bahwa pada saat Rusia mengambil tindakan permusuhan tidak hanya terhadap Ukraina, tetapi juga terhadap kita dan negara-negara Uni Eropa lainnya, warga negaranya dapat memperoleh kewarganegaraan Ceko, dan dengan demikian semua hak yang terkait dengannya,” ujar Exner.

Senada dengan itu, Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan mengatakan, “Situasi keamanan mengharuskan kita untuk menanggapi peningkatan jumlah permintaan dari warga negara Rusia untuk kewarganegaraan kita.”

Statistik Kementerian Dalam Negeri dilaporkan menunjukkan sekitar 5.000 orang asing diberikan kewarganegaraan Ceko setiap tahun, yang sebagian besar adalah warga Ukraina, Slowakia, dan Rusia.

Konflik Ukraina telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam jumlah orang asing yang tinggal di negara Uni Eropa tersebut.

Orang asing memenuhi syarat untuk mengajukan kewarganegaraan setelah tinggal di negara tersebut selama minimal sepuluh tahun dan harus lulus ujian bahasa Ceko untuk mendapatkannya.

Sementara itu, warga negara Ceko sendiri diizinkan memperoleh kewarganegaraan ganda dan ganda, sesuai dengan peraturan Uni Eropa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)