Gagalkan Upaya Pembunuhan Presiden Maduro, Venezuela Tangkap Anggota Navy SEAL dan Agen CIA

Minggu, 15 September 2024 - 17:53 WIB
loading...
Gagalkan Upaya Pembunuhan...
Aparat keamanan Venezuela menangkap anggota Navy SEAL dan Agen CIA yang berniat membunuh presiden Nicolas Maduro. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Venezuela mengatakan menangkap enam orang asing, termasuk seorang US Navy SEAL, atas dugaan rencana untuk "mengacaukan" negara yang telah dilanda krisis sejak pemilihan umum yang disengketakan awal tahun ini.

Menteri Dalam Negeri Diosdado Cabello mengklaim bahwa dugaan rencana tersebut dipimpin oleh CIA, dan ditujukan untuk membunuh pemimpin negara tersebut Nicolás Maduro. Departemen Luar Negeri AS menolak klaim tersebut sebagai "salah kategoris."

Tuduhan itu muncul saat oposisi Venezuela, sejumlah pemimpin Amerika Latin, dan Amerika Serikat menolak mengakui kemenangan Maduro dalam pemilu yang disengketakan, yang kemudian diikuti oleh protes berdarah yang menyebabkan ribuan orang ditangkap.

Dalam konferensi pers pada Sabtu, Cabello mengidentifikasi anggota Navy SEAL yang diduga sebagai William Joseph Castañeda Gómez, dan mengklaim bahwa dia adalah pemimpin operasi tersebut. Menteri tersebut juga menyebut dua warga Amerika lainnya yang ditahan: David Estrella dan Aaron Barrett Logan.

Menteri tersebut mengatakan bahwa selain warga Amerika tersebut, dua warga negara Spanyol – José María Basoa Valdovinos dan Andrés Martínez Adasme – dan seorang warga negara Ceko, Jan Darmovzal, ditangkap. Pihak berwenang Venezuela juga telah menyita 400 senapan AS yang terkait dengan dugaan rencana tersebut.

"CIA berada di garis depan operasi ini," kata Cabello dalam konferensi pers tersebut, mengklaim bahwa Pusat Intelijen Nasional Spanyol juga terlibat. "Itu sama sekali tidak mengejutkan kami," katanya, dilansir CNN.

Ia menuduh bahwa operasi itu memiliki "tujuan yang sangat jelas untuk membunuh Presiden Nicolás Maduro" dan politisi Venezuela tingkat tinggi lainnya termasuk dirinya dan wakil presiden.


Departemen Luar Negeri membantah klaim tersebut. Seorang juru bicara mengonfirmasi pada hari Sabtu bahwa seorang anggota militer AS telah ditangkap di Venezuela, dan bahwa departemen tersebut "mengetahui laporan yang belum dikonfirmasi tentang dua warga negara AS tambahan yang ditahan" di negara itu.

"Setiap klaim keterlibatan AS dalam rencana untuk menggulingkan Maduro secara kategoris salah," tambah juru bicara tersebut. "Amerika Serikat terus mendukung solusi demokratis untuk krisis politik di Venezuela."

Kementerian tersebut tengah mencari informasi tambahan, kata juru bicara tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)