Produksi Berlebih Kendaraan Listrik China Berisiko Picu Perang Dagang Baru

Rabu, 04 September 2024 - 16:03 WIB
loading...
A A A

Tarif EV China


VinaNadjibulla, wakil presiden penelitian dan strategi di Asia Pacific Foundation of Canada, saat berbicara kepada awak media mengatakan, “Sektor otomotif Kanada dan AS terintegrasi sepenuhnya, dan masuk akal bagi Kanada untuk sepenuhnya selaras dan sejalan dengan AS dalam tarif ini.”

“Hal Ini konsisten dengan agenda ekonomi dan keamanan nasional Kanada. Yang menjadi tanda tanya saat ini adalah bagaimana China akan bereaksi,” ujarnya.

Menurut perkiraan, China telah menjadi rekan tepercaya Kanada dalam hal perdagangan, mitra dagang terbesar kedua dan bahkan telah melampaui AS.

Data dari pelabuhan terbesar Kanada di Vancouver menunjukkan impor mobil dari China melonjak 460 persen per tahun pada 2023 ketika Tesla mulai mengirimkan EV buatan Shanghai ke Kanada.

Namun muncul pertanyaan bagaimana tarif pada kendaraan listrik China akan berdampak pada pembeli di seluruh dunia dan dalam skenario khusus akan berdampak pada produsen kendaraan listrik utama Tesla, yang juga diproduksi di China sejak 2023, dan sedan kompak Model 3 dan model crossover Model Y diekspor dari Shanghai Gigafactory ke Kanada.

"Menanggapi tarif tersebut, saya berharap Tesla akan mengalihkan logistiknya dan berpotensi mengekspor mobil ke Kanada dari AS,” papar Seth Goldstein, ahli strategi ekuitas di Morningstar.

Dia merujuk pada penurunan saham Tesla dan berkata, "Pasar kemungkinan bereaksi terhadap tarif dan mempertimbangkan potensi dampak laba jika Tesla harus mengekspor kendaraan ke Kanada dari basis produksi berbiaya tinggi di AS."

Perlu dicatat bahwa UE telah bersikap lunak terhadap Tesla dan mengurangi tarif sebesar 9 persen, lebih rendah dari 36,3 persen yang telah dikenakan pada impor kendaraan listrik China lainnya.

Perang Dagang Baru


Saham-saham China terpukul keras oleh tarif yang diberlakukan Kanada, AS, dan UE. Laporan mengungkapkan bahwa indeks Shanghai Shenzhen CSI 300 dan Shanghai Composite China masing-masing turun 0,6% dan 0,2%, sementara indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,5%.

Saham-saham raksasa kendaraan listrik China seperti BYD Co, NIO Inc, dan Li Auto Inc anjlok setelah Kanada mengumumkan bea masuk 100 persen untuk kendaraan listrik China, termasuk yang diimpor oleh Tesla. Saham Tesla turun 3,2% dalam perdagangan semalam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)