Mengapa Rusia Sulit Menghentikan Invasi Ukraina di Kursk?

Senin, 02 September 2024 - 10:50 WIB
loading...
A A A
Lange memperkirakan pasukan Ukraina dapat menggunakan sungai untuk membentuk zona penyangga.

"Saya berharap Ukraina menemukan beberapa titik sempit lagi untuk logistik dan infrastruktur Rusia, tidak hanya jembatan, dan mengendalikannya," katanya.

5. Ukraina Masuk Jebakan Putin

Mengapa Rusia Sulit Menghentikan Invasi Ukraina di Kursk?

Foto/AP

Dengan merebut sebagian wilayah Rusia, Ukraina telah mempermalukan Kremlin dan mengubah medan perang. Namun, mengalihkan beberapa pasukan paling tangguh negara itu dari timur merupakan pertaruhan bagi Kyiv.

"Semua ini mengandung risiko yang cukup besar, terutama jika upaya untuk mengerahkan pasukan Rusia secara berlebihan mengakibatkan pasukan Ukraina yang lebih kecil kewalahan," menurut Barry dari IISS.

Upaya untuk membangun pijakan di Kursk akan semakin memperluas garis depan sepanjang lebih dari 1.000 kilometer (lebih dari 600 mil), menambah tantangan yang dihadapi oleh pasukan Ukraina yang kekurangan personel dan persenjataan. Mempertahankan posisi di dalam Rusia akan menimbulkan masalah logistik yang serius, dengan jalur pasokan yang diperpanjang menjadi sasaran empuk.

“Sistem Rusia sangat hierarkis dan kaku, jadi mereka selalu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan situasi baru,” kata Lange, “tetapi kita harus melihat bagaimana Ukraina dapat bertahan di sana, setelah Rusia beradaptasi dan datang dengan kekuatan penuh.”

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0755 seconds (0.1#10.140)