Jelang Invasi ke Israel, Iran Gelar Uji Coba Detonator Bom Nuklir

Rabu, 14 Agustus 2024 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Sumber-sumber mengindikasikan bahwa upaya Teheran untuk meluncurkan satelit IRGC merupakan bagian dari rencananya untuk mengembangkan rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Di sisi lain, SPND terus berupaya memproduksi komponen penting lain dari program nuklir Iran: pengembangan detonator nuklir. Proyek ini dilaporkan berlanjut secara diam-diam dengan kedok "Proyek 110" setelah terungkapnya "Proyek Amad" pada tahun 2003.

Dokumen-dokumen mengungkapkan bahwa setelah tahun 2003, Teheran terus mengerjakan inisiator neutron untuk hulu ledak nuklir di lokasi Abadeh, tempat uji detonator sebelumnya telah dilakukan. Menurut sumber-sumber, SPND memulai proyek bernama "Metfaz" di fasilitas Abadeh pada tahun 2011, yang melibatkan salah satu dari tiga tokoh kunci program nuklir militer Iran saat ini. Republik Islam sebelumnya mengklaim bahwa program ini dihentikan.

Sebuah foto dari tahun 2018 menunjukkan bahwa Teheran sedang menguji detonator peledak yang dibutuhkan untuk hulu ledak nuklir selama dua tahun menjelang tanggal tersebut, saat JCPOA masih berlaku.

Peran Saeed Borji

Saeed Borji, seorang ahli bahan peledak dan logam dari Universitas Malek Ashtar, yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan, telah berperan penting dalam program senjata nuklir Teheran. Selama beberapa waktu, ia beroperasi dengan kedok perusahaan bernama Azar Afrouz Saeed Engineering Company, yang mengklaim memproduksi tangki bulat untuk industri petrokimia.

Ketika Mossad mencuri dokumen nuklir Iran pada tahun 2018, Teheran menyadari bahwa situs Abadeh telah terekspos dan segera menghancurkannya, sebagaimana dikonfirmasi oleh citra satelit. Menurut informasi eksklusif yang diperoleh Iran International, Saeed Borji baru-baru ini melanjutkan aktivitasnya di bawah naungan perusahaan bernama Arvin Kimia Abzar, yang mengklaim terlibat dalam industri petrokimia.

Pada bulan September 2022, Borji mengalihkan sebagian sahamnya di perusahaan ini ke Pusat Pertumbuhan Unit Teknologi Pertahanan Canggih, yang berafiliasi dengan SPND. Rekannya, Akbar Motallebizadeh, yang sebelumnya menjabat sebagai penasihat Mohsen Fakhrizadeh dan kepala kelompok "Shahid Karimi" SPND, juga memainkan peran penting dalam kegiatan ini.

Baik Saeed Borji maupun Motallebizadeh, yang saat ini berada di bawah sanksi AS, mengawasi pengembangan detonator nuklir di bawah pengawasan Jenderal Reza Mozaffarinia. Mozaffarinia, mantan presiden Universitas Malek Ashtar dan mantan wakil penelitian industri di Kementerian Pertahanan, telah menjadi penerus Mohsen Fakhrizadeh di SPND selama tiga tahun terakhir. Ia telah menjadi bagian dari program senjata nuklir Iran selama bertahun-tahun.

Sebuah sumber informasi di Kementerian Pertahanan mengatakan kepada Iran International bahwa pembentukan organisasi SPND yang independen dengan anggaran sendiri dan tanpa pengawasan merupakan bagian penting dari program senjata nuklir Republik Islam.


Mengapa Pezeshkian tetap Menunjuk Eslami sebagai Penanggung Jawab?

Program ini memiliki pemain kunci lainnya. Awal minggu ini, Masoud Pezeshkian, presiden baru Iran, mempertahankan Mohammad Eslami sebagai kepala Organisasi Energi Atom Iran. Eslami adalah tokoh penting dalam program senjata nuklir Iran yang sangat berbeda dari kepala Organisasi Energi Atom sebelumnya.

Antara tahun 1987 dan 1989, Eslami mengelola misi sensitif sebagai wakil kepala proyek pengembangan di Organisasi Industri Pertahanan. Ia memimpin tim yang dikirim oleh Republik Islam ke Dubai untuk pertemuan rahasia dengan Abdul Qadeer Khan, ilmuwan nuklir Pakistan yang kemudian mengakui telah mentransfer teknologi nuklir dan peralatan pengayaan ke Iran.

Dalam salah satu dokumen nuklir yang dicuri dari Iran, peran Eslami ditampilkan secara mencolok. Sebagai kepala Lembaga Penelitian dan Pelatihan Industri Pertahanan, ia telah mengawasi semua aspek program nuklir militer Iran, termasuk Proyek Amad, yang diawasi oleh Fakhrizadeh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)