Alasan Mohammad Javad Zarif Mundur dari Jabatan Wakil Presiden Iran

Rabu, 14 Agustus 2024 - 12:15 WIB
loading...
Alasan Mohammad Javad...
Mohammad Javad Zarif mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden Iran. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Mohammad Javad Zarif secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan wakil presiden untuk urusan strategis dalam unggahan Instagram yang tajam.

Lantas mengapa dia tiba-tiba mengundurkan diri?

Dia mengungkapkan ketidakpuasan yang mendalam dengan komposisi kabinet yang diusulkan Presiden Masoud Pezeshkian.

Zarif mengungkapkan, dari 19 menteri yang diperkenalkan, hanya tiga yang merupakan pilihan pertama yang direkomendasikan komite pengarah yang bertanggung jawab atas pemilihan kandidat.

Dia mencatat sepuluh menteri yang diusulkan sama sekali tidak ada dalam daftar dewan.

Pengunduran diri Zarif menggarisbawahi rasa frustrasinya dengan proses tersebut, dan menyesalkan dia tidak dapat melaksanakan pendapat ahli dari komite yang dibentuk untuk menemukan kandidat terbaik atau memenuhi janjinya untuk memasukkan perempuan, pemuda, dan kelompok etnis dalam kabinet.

"Saya tidak puas dengan hasil kerja saya dan saya malu karena saya tidak dapat mencapai pendapat ahli dari komite dan memasukkan perempuan, pemuda, dan kelompok etnis seperti yang telah saya janjikan," ujar Zarif dalam unggahannya.

Dia selanjutnya mengumumkan niatnya kembali ke dunia akademis, dan meminta maaf kepada rakyat Iran atas ketidakmampuannya menavigasi kompleksitas politik dalam negeri.

Pengunduran diri Zarif telah meningkatkan pengawasan dan kritik terhadap pilihan kabinet Pezeshkian.

Azar Mansouri, kepala Front Reformasi, juga mengecam kabinet yang diusulkan, dengan menyatakan, "Orang tidak boleh mengharapkan keajaiban dari pemerintahan ini, terutama mengingat lebih dari 80% kekuasaan negara berada di tangan entitas lain."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)