6 Fakta Unik Onigiri, dari Makanan Jiwa hingga Simbol Terima Kasih

Minggu, 23 Juni 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Dia menempatkan nasi panas dalam cetakan segitiga yang terlihat seperti cetakan kue, mengoleskan garam di tangannya dan kemudian menuangkan nasi ke dalam cangkir – tiga kali untuk mengencangkan sisi-sisinya dengan lembut. Nori renyah, atau rumput laut, dililitkan seperti saputangan di sekeliling nasi, dengan salah satu ujungnya menghadap ke atas agar tetap renyah.

Gigitan pertama hanya nori dan nasi. Gu datang dengan gigitan kedua Anda.

“Onigiri Yadoroku tidak akan berubah sampai akhir zaman,” kata Miura sambil tersenyum.

5. Terus Berinovasi

6 Fakta Unik Onigiri, dari Makanan Jiwa hingga Simbol Terima Kasih

Foto/AP

Miyuki Kawarada menjalankan Taro Tokyo Onigiri, yang memiliki empat gerai di Jepang. Dia juga mengincar Los Angeles, dan kemudian Paris. Visinya: menjadikan onigiri sebagai “makanan cepat saji dunia”.

Nama Taro dipilih karena umum, padanan bahasa Jepang untuk John atau Michael. Onigiri, katanya, memiliki daya tarik besar karena mudah dibuat, bebas gluten, dan serbaguna.

Di tokonya yang ceria dan modern, para pekerja yang mengenakan kaos perusahaan berwarna khaki sibuk menyiapkan gu dan nasi kepal di dapur yang terlihat di belakang mesin kasir. Toko ini hanya melayani bawa pulang.

Onigiri Kawarada memiliki banyak gu di atasnya, untuk topping warna-warni, bukan di dalamnya. Masing-masing dilengkapi dengan sepotong nori yang dibungkus terpisah untuk diletakkan di sekelilingnya tepat sebelum Anda makan.

Gu-nya menjadi petualang. Keju krim dicampur dengan acar Jepang pedas yang disebut “iburigakko”, misalnya, dan setiap onigiri berharga 250 yen (USD1,60). Onigiri spam dan telur berharga 300 yen (USD1,90); yang dihiasi dengan beberapa jenis “kombu,” atau rumput laut yang dapat dimakan, disebut “Dashi Punch X3,” berharga 280 yen (USD1,80).

“Onigiri adalah alam semesta tanpa batas. Kami tidak terikat pada tradisi,” kata Kawarada.

6. Bukan Hanya Disukai Orang Jepang

6 Fakta Unik Onigiri, dari Makanan Jiwa hingga Simbol Terima Kasih

Foto/AP

Asami Hirano, yang mampir sambil mengajak anjingnya jalan-jalan, butuh waktu lama untuk memilih makanannya di Taro Tokyo Onigiri beberapa hari terakhir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)
pixels