Moskow Tembak Jatuh 36 Drone Ukraina yang Serang Beberapa Wilayah Rusia

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:06 WIB
loading...
Moskow Tembak Jatuh 36 Drone Ukraina yang Serang Beberapa Wilayah Rusia
Moskow tembak jatuh 36 drone Ukraina yang serang beberapa wilayah Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Sistem pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh 36 drone yang diluncurkan Ukraina semalam yang menargetkan beberapa wilayah di barat daya Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (30/6/2024), mengatakan 15 drone dihancurkan di wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina dan sembilan lainnya di wilayah Lipetsk, beberapa ratus kilometer selatan Moskow.

Empat drone dihancurkan masing-masing di wilayah Voronezh dan Bryansk di barat daya Rusia dan masing-masing dua di wilayah Oryol dan Belgorod yang berdekatan.

Para gubernur wilayah Lipetsk dan Bryansk mengatakan melalui saluran Telegram mereka bahwa tidak ada korban luka atau kerusakan parah akibat serangan drone-drone Ukraina.



Para pejabat Rusia seringkali tidak mengungkapkan seluruh kerugian yang diakibatkan oleh serangan Ukraina.

Menurut Reuters, klaim dari Kementerian Pertahanan Rusia belum bisa diverifikasi secara independen. Pihak Ukraian juga belum berkomentar.

Kyiv selama ini mengatakan serangannya terhadap infrastruktur militer, transportasi, dan energi Rusia merupakan respons terhadap serangan Moskow terhadap wilayah Ukraina sejak dimulainya invasi pada tahun 2022.

Sementara itu, juga pada Sabtu, pasukan Rusia telah menembakkan sejumlah rudal ke kota Vilniansk, di pinggiran kota Zaporizhzhia, Ukraina tenggara. Menurut para pejabat Kyiv, serangan tersebut menewaskan tujuh orang, termasuk dua anak-anak, dan melukai 31 lainnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kembali meminta bantuan kepada sekutu Barat-nya berupa pasokan senjata jarak jauh lebih banyak dan memperkuat pertahanan udara untuk menghentikan apa yang disebutnya sebagai serangan harian terhadap negaranya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim rudal-rudal Moskow menghantam daerah terdekat di wilayah Zaporizhzhia di mana disebutkan kereta-kereta Ukraina menurunkan senjata dan peralatan militer, menewaskan tentara dan menghancurkan kendaraan lapis baja dan rudal.

Kementerian itu memposting foto serangan, mengidentifikasi lokasi tersebut sebagai desa Ukrainka, kurang dari 10 kilometer (6,2 mil) dari Vilniansk.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)
pixels