Ini 7 Negara Sekutu AS dengan Militer Terkuat, Siapa Saja?

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:32 WIB
loading...
Ini 7 Negara Sekutu AS dengan Militer Terkuat, Siapa Saja?
Sistem Kendaraan Beroda Senjata Anti-Pesawat Korea Selatan berpartisipasi dalam latihan gabungan melintasi sungai yang dilakukan untuk tentara Korea Selatan dan AS di Yeoncheon, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, 20 Maret 2024. Foto/REUTERS/JEON HEON-KYUN
A A A
TOKYO - Ada banyak negara sekutu Amerika Serikat (AS) yang memiliki militer terkuat. Beberapa di antaranya berasal dari Asia.

Pada riwayatnya, Amerika Serikat (AS) mungkin memiliki banyak musuh. Tak hanya negara, musuh ini juga berasal dari kelompok-kelompok bersenjata tertentu di dunia.

Sebaliknya, Negeri Paman Sam juga punya deretan sekutu. Sebagian di antaranya memiliki militer kuat dan punya reputasi bagus di dunia. Siapa saja mereka?

Negara Sekutu AS dengan Militer Terkuat

1. Korea Selatan


Hubungan antara Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat tidak bisa disangkal dari sudut pandang militer. Sebagaimana diketahui, keduanya punya riwayat aliansi militer yang cukup panjang.

Mengutip laman Departemen Pertahanan AS, ada tiga kata yang menggambarkan ikatan erat antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. Kata tersebut tersebut adalah ‘Kita Berjalan Bersama’ atau ‘We Go Together’.

Melihat ke belakang, aliansi ini berakar pada kehancuran yang disebabkan oleh Perang Korea. AS pun berkomitmen untuk membantu Korea Selatan jika terjadi serangan dan terus mempertahankan kehadiran pasukannya untuk berjaga-jaga apabila terjadi agresi dari Korea Utara.

Sampai saat ini, AS tetap menjadi mitra pertahanan utama Korea Selatan. Seoul juga menyandang status Sekutu Utama Non-NATO AS yang memberi mereka hak tertentu dalam hal kerja sama perdagangan dan keamanan.

2. Inggris


Berikutnya ada Inggris. Pemeringkatan Global Fire Power 2024 menempatkan negara ini di urutan ke-6 terkuat.

Status tersebut tak mengherankan mengingat kekuatan militer Inggris yang memang mumpuni. Tak hanya dari jumlah tentara, namun juga berbagai persenjataan, baik di darat, laut hingga udara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)
pixels