Rusia-Korut Teken Pakta Saling Bantu Jika Diserang, China Bungkam

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:19 WIB
loading...
A A A
John Kirby, juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan bahwa perjanjian antara Rusia dan Korea Utara harus menjadi perhatian negara mana pun yang percaya bahwa resolusi Dewan Keamanan PBB harus dipatuhi.

Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara dalam upaya menghentikan pengembangan senjata nuklirnya.

“Perjanjian tersebut harus menjadi perhatian bagi siapa pun yang berpikir bahwa mendukung rakyat Ukraina adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dan kami berpendapat bahwa kekhawatiran tersebut juga akan dirasakan oleh Republik Rakyat China,”kata Kirby.

Salah satu hal yang mungkin dikhawatirkan oleh China adalah apakah Rusia akan membantu program senjata Korea Utara dengan berbagi teknologi canggih, kata Alexander Gabuev, direktur Carnegie Russia Eurasia Center.

“Jika China benar-benar khawatir, maka China mempunyai pengaruh terhadap Rusia dan Korea Utara dan mungkin akan mencoba membatasi hubungan tersebut,” katanya.

Sun Yun, direktur program China di Stimson Center, mengatakan Beijing tidak ingin membentuk aliansi tiga arah dengan Korea Utara dan Rusia. “Karena mereka perlu menjaga pilihannya tetap terbuka,” katanya, seperti dikutip Fox News, Minggu (23/6/2024).

Koalisi seperti itu, kata dia, bisa berarti Perang Dingin baru—sesuatu yang menurut Beijing ingin dihindari, dan mengunci diri di Pyongyang dan Moskow akan bertentangan dengan tujuan China untuk menjaga hubungan dengan Eropa dan meningkatkan hubungan dengan Jepang dan Korea Selatan.

Sun menambahkan bahwa pemulihan hubungan antara Korea Utara dan Moskow membuka kemungkinan dan potensi ketidakpastian. “Namun berdasarkan apa yang telah terjadi sejauh ini, saya tidak berpikir bahwa kepentingan nasional China telah dilemahkan oleh hal ini,” ujarnya.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)
pixels