Rusia-Korut Teken Pakta Saling Bantu Jika Diserang, China Bungkam

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:19 WIB
loading...
Rusia-Korut Teken Pakta Saling Bantu Jika Diserang, China Bungkam
Rusia dan Korea Utara teken pakta saling bantu jika diserang, China memilih bungkam. Foto/Kristina Kormilitsyna/Sputnik/Kremlin Pool Photo via AP
A A A
BEIJING - China enggan berkomentar atas langkah Rusia dan Korea Utara (Korut) yang meneken pakta pertahanan bersama yang mencakup klausul perjanjian saling bantu jika salah satu dari mereka diserang.

Klausul perjanjian pakta pertahanan bersama yang telah diteken Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korut Kim Jong-un beberapa hari lalu sejatinya mirip dengan Pasal 5 Perjanjian NATO.

“Kerja sama antara Rusia dan DPRK adalah urusan antara dua negara berdaulat. Kami tidak memiliki informasi mengenai masalah yang relevan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian, merujuk pada Korea Utara dengan singkatan nama resminya, Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK).



Para pakar mengatakan para pemimpin China kemungkinan besar khawatir atas potensi hilangnya pengaruh terhadap Korea Utara Kim Jong-un dan Putin menandatangani perjanjian tersebut, dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan ketidakstabilan di Semenanjung Korea.

Namun Beijing mungkin juga kesulitan untuk memberikan tanggapan karena tujuannya yang bertentangan: menjaga perdamaian di Korea sambil melawan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya di panggung global.

“Respons China sangat lemah,” kata Victor Cha, wakil presiden senior untuk Asia dan Korea di Center for Strategic and International Studies (CSIS), seraya menambahkan bahwa hal ini bisa menjadi tanda bahwa Beijing belum tahu apa yang harus dilakukan.

“Setiap pilihan adalah pilihan yang buruk,” katanya. "Anda tidak dapat mengambil keputusan karena adanya persaingan pandangan yang sangat kuat, atau Anda tidak mampu mengambil keputusan karena Anda tidak tahu cara mengevaluasi situasi."

Beberapa orang di Beijing mungkin menyambut kemitraan Rusia-Korea Utara sebagai cara untuk melawan dominasi Amerika dalam urusan dunia, namun Cha mengatakan, ”Ada juga banyak ketidaknyamanan di China, yang tidak ingin kehilangan pengaruhnya atas negara tetangganya.”

Namun China tidak mengungkapkan kekhawatiran ini secara terbuka. “Mereka tidak ingin mendorong Kim Jong-un lebih jauh ke dalam pelukan Vladimir Putin,” kata Cha.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)
pixels