Melawan Houthi Berbulan-bulan, Kapal Induk Eisenhower AS Bisa Kehabisan Tenaga

Kamis, 20 Juni 2024 - 11:39 WIB
loading...
A A A
“Apa yang dibawa oleh kapal induk adalah platform ofensif yang mobile, gesit dan tidak memiliki akses, pembatasan pangkalan atau penerbangan,” kata pensiunan Jenderal Marinir Frank McKenzie, yang mengepalai Komando Pusat AS selama tiga tahun, yang berakhir pada tahun 2022.

"Ini wilayah kedaulatan AS. Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan pesawat-pesawat di kapal induk ini. Hal ini memberikan Anda fleksibilitas yang sangat besar ketika mempertimbangkan opsi respons di seluruh kawasan," paparnya.

Laksamana Muda Marc Miguez—yang memimpin Carrier Strike Group Two, yang mencakup Eisenhower dan kapal pendukungnya—setuju bahwa kapal induk sangat penting bagi militer Amerika.

“Setiap kali terjadi krisis di dunia, apa hal pertama yang ditanyakan presiden? ‘Di mana kapal induk AS?’,” kata Miguez kepada The Associated Press saat berkunjung ke Eisenhower dan USS Laboon, salah satu kapal perusak berpeluru kendali yang menyertainya.

Pada hari tertentu, F/A-18 Angkatan Laut meluncur dari Eisenhower dan menghancurkan rudal atau drone Houthi yang bersiap untuk diluncurkan. Kapal perang AS telah menembakkan rudal Tomahawk ke Yaman untuk menghancurkan gudang senjata, fasilitas komunikasi dan sasaran lainnya.

Para pemimpin Pentagon khawatir bahwa tanpa Eisenhower, mereka perlu menggunakan lebih banyak jet tempur Angkatan Udara yang berbasis di negara-negara sekitar, termasuk Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Namun banyak negara Arab yang menerapkan pembatasan penerbangan atau pembatasan lainnya mengenai jenis serangan ofensif yang dapat dilakukan AS dari wilayah mereka karena sensitivitas regional. Yang lain khawatir akan memicu perang lain antara Arab Saudi dan Yaman atau meningkatkan ketegangan dengan Iran.

Para pemimpin militer AS mengatakan Amerika dapat beradaptasi dan menempatkan kekuatan mereka sesuai kebutuhan. Namun hal ini memerlukan penerbangan jet tempur yang lebih lama dari pangkalan yang jauh, memerlukan kemampuan pengisian bahan bakar, dan menghadirkan rintangan lainnya.

Memperluas kembali penerapan Eisenhower adalah sebuah pilihan—tetapi bagi banyak orang, ini adalah pilihan yang paling tidak diinginkan.

Para pemimpin Angkatan Laut khawatir terhadap para pelaut, yang dapat melihat rudal-rudal yang diluncurkan Houthi datang beberapa detik sebelum mereka dihancurkan oleh serangan pertahanan kapal tersebut. Dan para pejabat di Pentagon sedang membicarakan cara merawat para pelaut ketika mereka kembali ke rumah, termasuk konseling dan pengobatan untuk kemungkinan stres pasca-trauma.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)