Komandan Kurdi Minta AS Pertahankan Pasukan di Suriah

Selasa, 19 Februari 2019 - 11:55 WIB
Komandan Kurdi Minta AS Pertahankan Pasukan di Suriah
Komandan Kurdi Minta AS Pertahankan Pasukan di Suriah
A A A
Komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat (AS) dan dipimpin Kurdi meminta AS dan mitra koalisinya untuk memberikan dukungan udara dan mempertahankan 1.500 tentara di Suriah sebagai bagian dari upaya menstabilkan negara itu.

"Saya merasa pasukan Amerika harus tetap berada di dalam wilayah Suriah. Kami tidak ingin mereka meninggalkan Suriah tetapi pada akhirnya, itu adalah keputusan Amerika," ujar Jenderal Mazloum .

"Penarikan pasukan Amerika di tengah pertempuran adalah sesuatu yang tidak menguntungkan," tambahnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (19/2/2019).

Komentar itu muncul saat Mazloum bertemu dengan kepala Komandan Pusat AS, Jenderal Joseph Votel.

Mazloum mengatakan Votel "bekerja" sesuai proposal untuk kehadiran pasukan koalisi yang bertahan lama. Tetapi Votel kemudian menekankan bahwa semua unit darat AS keluar dari Suriah sesuai dengan perintah Presiden Donald Trump.

"Misi kami, tugas yang diberikan kepada kami saat ini, dan arahan Presiden adalah untuk mundur, dan di sanalah kami berada, dan itulah yang kami fokuskan untuk dilakukan," kata Votel.

Votel mengatakan dia juga sedang merencanakan bagaimana melanjutkan mentransfer senjata dan bantuan pelatihan lainnya ke SDF setelah penarikan selesai.

"Ini adalah musuh yang harus kita tekan terus, jadi itulah bagian yang sedang kita kerjakan. Saya kurang yakin bagaimana kita akan melakukan itu sekarang pada titik ini, tetapi kita sedang mengerjakannya itu, "kata Votel.

AS saat ini memiliki lebih dari 2.000 tentara di Suriah, di mana mereka terutama membantu SDF dalam kampanye melawan ISIS. SDF sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa ISIS hanya mempertahankan 700 meter persegi wilayah di sebuah kota di sepanjang Sungai Eufrat di Suriah.

Trump telah berjanji untuk membantu melindungi para pejuang Kurdi yang bekerja dengan AS di Suriah, dia juga sedang bekerja dengan mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk menciptakan "zona aman" yang memungkinkan untuk Suriah utara, sesuatu yang sudah lama diharapkan oleh Turki.

Para pejabat AS percaya bahwa jika Turki diizinkan untuk menegakkan zona seperti itu, pasukan Turki dan sekutu lokal mereka kemungkinan akan menargetkan elemen-elemen Kurdi dari SDF.

"Tentu saja, ancaman dan kekhawatiran No. 1 yang kita miliki adalah Turki, ancaman Turki," kata Mazloum, mengatakan dia dan Votel mendiskusikan bagaimana membatasi ancaman itu.

"Mereka (Turki) ingin daerah itu berada di bawah kendali mereka dan kami tidak akan menerimanya," tambahnya, mengatakan SDF akan menerima zona aman yang dipantau oleh pasukan internasional.

Sementara Votel telah menyatakan dukungannya untuk terus memberikan senjata dan bantuan kepada SDF setelah penarikan AS, langkah yang pasti akan membuat Turki marah, para pejabat AS mengatakan jika SDF bekerja sama dengan Presiden Suriah Bashar al Assad, hubungan dengan SDF akan berakhir.

Baca Juga: AS Ancam Stop Bantuan ke SDF Jika Bersekutu dengan Assad

Banyak analis percaya SDF mencari aliansi dengan rezim Suriah sebagai cara untuk melindungi diri dari Turki.

SDF, terdiri dari sekitar 55 ribu kelompok pejuang Kurdi dan Arab yang kuat, telah menjadi sekutu Amerika yang paling tepercaya dalam perang melawan ISIS. Komandan militer AS bahkan memuji kehebatan mereka di medan perang serta kemampuanya untuk menstabilkan wilayah yang direbut dari ISIS.

Pentagon sebelumnya mengatakan bahwa lebih dari 1.600 pejuang SDF telah terbunuh sebagai bagian dari kampanye untuk mengalahkan ISIS.

"Presiden Trump berjanji pada kita untuk melindungi rakyat Kurdi," kata Mazloum. "Aku ingin dia memenuhi kata-katanya," tambahnya.

Tetapi Votel bersikeras bahwa ia akan mengikuti perintah Presiden dan semua pasukan akan keluar kecuali Trump mengeluarkan perintah baru ke Pentagon.

"Kami menyeimbangkan perjuangan melawan ISIS, kami menyeimbangkan apa yang kami coba lakukan untuk mengatasi masalah Turki dan perlindungan mitra kami di sini. Dan tentu saja berusaha untuk mengatur penarikan profesional yang terencana dan terencana dengan baik," kata Votel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7709 seconds (0.1#10.140)