AS: Operasi Militer Turki ke Suriah Mengancam Stabilitas Regional

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB
loading...
AS: Operasi Militer Turki ke Suriah Mengancam Stabilitas Regional
AS: Operasi Militer Turki ke Suriah Mengancam Stabilitas Regional. FOTO/Bloomberg
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperingatkan, operasi militer baru Turki ke Suriah utara akan menyebabkan ketidakstabilan regional. AS juga mengutuk tindakan semacam itu dan eskalasi konflik.

Berbicara pada konferensi pers, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengaku sangat prihatin dengan laporan dan diskusi tentang potensi peningkatan aktivitas militer di Suriah utara dan khususnya dampaknya terhadap penduduk sipil di sana.



Pernyataan itu muncul setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan pada awal pekan ini bahwa Ankara akan meluncurkan serangan militer baru ke Suriah utara dalam upaya untuk lebih mendorong kembali kelompok militan Kurdi, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), dan mengamankan 30km ' zona aman' untuk menampung setidaknya satu juta pengungsi Suriah yang tinggal di Turki.

Pemerintah Turki memandang YPG dan milisi Kurdi yang berafiliasi lainnya, seperti Pasukan Demokrat Suriah (SDF), sebagai kelompok teroris karena dugaan hubungan langsung mereka dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah organisasi teroris yang ditunjuk yang beroperasi di Turkiye dan wilayah.

Terlepas dari kekhawatiran Ankara tentang milisi di seberang perbatasan di Suriah yang menimbulkan ancaman keamanan nasional, AS dan militernya telah bekerja sama dengan erat, dan mendukung, YPG dan SDF selama lima tahun terakhir untuk memerangi kelompok teror Daesh.



“Kami mengakui kekhawatiran keamanan Turki yang sah di perbatasan selatan Turki, tetapi setiap serangan baru akan semakin merusak stabilitas regional dan membahayakan pasukan AS dan kampanye koalisi melawan ISIS,” kata Price, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (25/5/2022).

Dia juga meminta Turki untuk mematuhi pernyataan bersama yang dibuat pada Oktober 2019, yang menetapkan gencatan senjata dan dilaporkan menjamin penghentian operasi dan serangan militer di timur laut Suriah.

"Kami mengutuk eskalasi apa pun. Kami mendukung pemeliharaan garis gencatan senjata saat ini," kata juru bicara itu. Terlepas dari seruan itu, AS sendiri gagal mencapai janji yang diberikannya bahwa YPG dan SDF akan mundur 30 km dari perbatasan Turki untuk memberi ruang bagi zona aman.



Menurut kantor berita, Reuters, rekan kebijakan senior di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, Aslı Aydıntaşbaş, mengatakan bahwa ancaman untuk meluncurkan kembali serangan militer – setelah tiga serangan sebelumnya – di timur laut Suriah adalah bagian dari strategi Erdogan untuk menguji kemampuannya.

"Gaya Erdogan dalam menghadapi tantangan internasional meningkatkan taruhan - dan itu hampir selalu berhasil menyebabkan sekutu NATO berkedip," katanya. "Itu berhasil di Mediterania timur dan di Suriah di masa lalu - mengapa tidak mencoba lagi," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)