China Tuding AS Bandit Pencuri Minyak Suriah, Jumlahnya Fantastis!

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:16 WIB
loading...
China Tuding AS Bandit Pencuri Minyak Suriah, Jumlahnya Fantastis!
Media Suriah melaporkan 35 truk tangki AS membawa minyak curian dari Suriah ke Irak. Foto/MEHR
A A A
BEIJING - China mengecam Amerika Serikat (AS) karena aktivitas "bandit" di Suriah. Beijing mengklaim pendudukan militer Washington selama bertahun-tahun dan "penjarahan" sumber daya Suriah telah menempatkan negara itu di ambang "bencana kemanusiaan".

Berbicara kepada wartawan selama jumpa pers pada Selasa (17/1/2023), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin diminta mengomentari laporan baru-baru ini di media Suriah bahwa pasukan AS telah mengangkut sejumlah besar "minyak yang dijarah" dari Suriah ke Irak awal bulan ini.

“Kami dikejutkan oleh keterusterangan dan kehebatan penjarahan AS atas Suriah… Bandit semacam itu memperparah krisis energi dan bencana kemanusiaan di Suriah,” ujar dia, dilansir RT.com.

Wang Wenbin mengutip statistik pemerintah Suriah yang menyatakan “lebih dari 80% produksi minyak harian Suriah diselundupkan ke luar negeri oleh pasukan pendudukan AS” pada paruh pertama tahun 2022.



Menurut dia, tingkat keserakahan AS dalam mencuri sumber daya dari Suriah sama mencoloknya dengan “kemurahan hatinya” dalam memberikan bantuan militer yang seringkali berjumlah miliaran atau bahkan puluhan miliar dolar.

“Apakah AS memberi atau menerima, itu menjerumuskan negara lain ke dalam kekacauan dan bencana, dan AS mendapat keuntungan dari hegemoni dan kepentingan lainnya,” papar dia.

Dia menambahkan, “Ini adalah hasil dari apa yang disebut AS sebagai ‘tatanan berbasis aturan’.”



Pada 14 Januari, Kantor Berita Arab Suriah (SANA) yang dikelola pemerintah Damaskus melaporkan “konvoi yang terdiri dari 53 tank yang memuat minyak Suriah yang dicuri” dibawa dari provinsi Hasakah negara itu ke “pangkalan AS di wilayah Irak”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)